Halo! Saya Ninda Nurmaida, alumni ABS tahun 2016. Sekarang saya sedang melanjutkan study jurusan International Relations di University of Plymouth, UK. Belakangan ini saya yang lagi fokus banget sama assignment yang harus saya submit di akhir november. tugas kali ini saya harus buat annotated bibliography dari tiga artikel yang dipilih sendiri dari ‘journal of democracy’.

Kebetulan dari salah satu sumber bacaan saat seminar, saya tertarik dengan perspective dari salah satu american political scientis, Francis Fukuyama yang kemudian tiga artikel pilihan saya adalah karya-karya beliau. Karena bagi saya rasa antusiasme dan ingin tahu kita juga dibutuhkan agar mengerjakan tugas yang sulit  terasa menyenangkan.

Saya Zakiyyah Rahmi Ayu alumni SMP ‘Aisyiyah Boarding School Bandung, saat ini saya besekolah di Madrasah Aliyah Negri (MAN) 1 Gaut kelas 10 Ips 1. Selain belajar aktifitas saya saat ini mengikuti salah satu ekstra kulikuler sekolah yaitu Junalistik di bidang KCB (Komunitas Cinta Baca). Saya baru terjun di Jurnalistik MAN 1 Garut ini pada bulan November 2018. Tujuan saya mengikuti Jurnalistik ini yaitu ingin mengembangkan budaya literasi di MAN 1 Garut.

Sebelumnya saat bersekolah di SMP ABS Bandung saya dan kawan-kawan dibawah binaan Bapak Teguh Mulyadi bersama-sma membuat program literasi yang bernama POLISI (Pojok Literasi) ABS Bandung. POLISI ABS ini kami bangun berawal dari kegiatan TM 1 yang dimana pada akhir kegiatan harus membuat sebuah karya nyata. Melihat fakta lapangan di ABS yang masih harsu tersu dikembangan diranah literasi, maka saya dan kawan-kawan berinisiatif untuk membantu keberlangsungan kegiatan literasi pagi sekolah dengan menyediakan buku-buku yang sesusi dengan kebutuhan warga ABS.

Dari pengalaman-pengalaman tersebut banyak pembelajaran yang saya dapatkan, salah satunya yaitu sabar pembentukan program, pelaksanaan kegiatan, kerjasama tim dan yang pasti sabar menahan ego diri sendiri. Yang saya rasakan pribadi dalam pelaksanaan dan pembentukan program ini memang perlu kesabaran ekstra, baik itu intenal maupun eksternal.