Halo! Saya Ninda Nurmaida, alumni ABS tahun 2016. Sekarang saya sedang melanjutkan study jurusan International Relations di University of Plymouth, UK. Belakangan ini saya yang lagi fokus banget sama assignment yang harus saya submit di akhir november. tugas kali ini saya harus buat annotated bibliography dari tiga artikel yang dipilih sendiri dari ‘journal of democracy’.

Kebetulan dari salah satu sumber bacaan saat seminar, saya tertarik dengan perspective dari salah satu american political scientis, Francis Fukuyama yang kemudian tiga artikel pilihan saya adalah karya-karya beliau. Karena bagi saya rasa antusiasme dan ingin tahu kita juga dibutuhkan agar mengerjakan tugas yang sulit  terasa menyenangkan.

I would like to describe Aisyiyah Boarding School Bandung as a school that has its own culture and character on educating their students. Because If you think that ABS is like some other school, you are wrong.

Pengajar di ABS itu sangat passionate dalam bidangnya masing-masing, sehingga banyak pengetahuan lebih yang kami dapatkan di dalam atau di luar kelas. Lingkungannya sangat friendly dan nyaman sehingga kita bisa mengekspresikan diri kita sendiri. Banyak program unik yang dirancang untuk perkembangan para santriwatinya, bagi saya yang paling berkesan adalah dengan adanya program Life Mapping yang membantu memetakan pencapaian mimpi-mimpi apa yang ingin kita raih.

Nevertheless, pembiasaan dari sisi keagamaan seperti hafalan Al Quran, shalat berjamaah dan kultum sehabis shalat juga menjadi bagian yang berpengaruh pada sisi spiritual confidence saya saat ini.

Saya Zakiyyah Rahmi Ayu alumni SMP ‘Aisyiyah Boarding School Bandung, saat ini saya besekolah di Madrasah Aliyah Negri (MAN) 1 Garut kelas 10 Ips 1. Selain belajar aktifitas saya saat ini mengikuti salah satu ekstra kulikuler sekolah yaitu Junalistik di bidang KCB (Komunitas Cinta Baca). Saya baru terjun di Jurnalistik MAN 1 Garut ini pada bulan November 2018. Tujuan saya mengikuti Jurnalistik ini yaitu ingin mengembangkan budaya literasi di MAN 1 Garut.

Sebelumnya saat bersekolah di SMP ABS Bandung saya dan kawan-kawan dibawah binaan Bapak Teguh Mulyadi bersama-sma membuat program literasi yang bernama POLISI (Pojok Literasi) ABS Bandung. POLISI ABS ini kami bangun berawal dari kegiatan TM 1 yang dimana pada akhir kegiatan harus membuat sebuah karya nyata. Melihat fakta lapangan di ABS yang masih harus terus dikembangan diranah literasi, maka saya dan kawan-kawan berinisiatif untuk membantu keberlangsungan kegiatan literasi pagi sekolah dengan menyediakan buku-buku yang sesusi dengan kebutuhan warga ABS.

Dari pengalaman-pengalaman tersebut banyak pembelajaran yang saya dapatkan, salah satunya yaitu sabar pembentukan program, pelaksanaan kegiatan, kerjasama tim dan yang pasti sabar menahan ego diri sendiri. Yang saya rasakan pribadi dalam pelaksanaan dan pembentukan program ini memang perlu kesabaran ekstra, baik itu intenal maupun eksternal.

Nama saya Nuraisyah Aidarani Kamalia, sekarang saya bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Sekolah di ABS, bikin masa SMP saya jadi berkesan. Awalnya ragu sih belajar di sini, karena baru pertama kali jauh sama orang tua. Tapi ternyata, banyak banget pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman di sini. Terutama menjadi pribadi yang lebih baik. Saya juga belajar menjadi percaya diri. Saya senang, karena di ABS diajarkan bagaimana menghargai orang lain. Dan bagaimana cara membiasakan hal-hal positif.

Saya bertemu dengan banyak sekali teman-teman yang kapanpun siap buat mendukung saya. Mereka menjadi bagian dari inspirasi saya. Yang awalnya pecah, tapi lama kelamaan menjadi keluarga. Itu yang membentuk saya dan mereka menjadi dewasa.

Disamping itu, tidak kalah hebat; Pembina, Guru dan Staf ABS yang sudah membimbing saya dari nol. Mereka juga bagian paling penting dari inspirasi dan juga selalu membangun motivasi saya.

Saya sangat suka outing di ABS, seru! dan sangant menambah wawasan. Saya sangat suka Supercamp, dari sini satu sama lain jadi bisa lebih dekat. Dan hal baru yang saya temukan di ABS adalah Project, ini sangat menjadi tantangan baru. Tapi, itu sangat membuahkan hasil

Liteasi dan Charity Time, menjadi program yang saya suka juga. ABS itu sudah jadi rumah dan keluarga bagi saya. Pelajaran yang sangat berkesan, saya bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri sekarang. Dan saya menjadi lebih menghargai, serta membagi ilmu kepada teman-teman agar saling menghargai.