HIZBUL WATHAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER KADER DI PONDOK

Oleh Wiwin Widiawati (Konselor ‘Aisyiyah Boarding School Bandung)

Karakter merupakan kualitas moral dan mental seseorang yang pembentukannya dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan. Setiap manusia memiliki potensi karakter yang baik, tetapi potensi-potensi tersebut harus dibina melalui interaksi sosial dan pendidikan. Berkembangnya karakter baik akan mendorong anak mempunyai komitmen untuk melakukan berbagai hal yang baik dan melakukan segalanya dengan benar.

Proses pembentukan karakter anak bisa dilakukan salah satunya dengan cara bergaul dan bekerja sama, karna dengan bergaul dan bekerja sama anak akan belajar bagaimana membangun hubungan dengan orang lain dan lingkungannya. Hal tersebut didapat anak dilingkungan pendidikan yakni disekolah.

Lingkungan sekolah menyediakan wadah untuk mengembangkan diri dan membangun karakter diri melalui kegiatan ekskul, pendidikan ekskul merupakan media untuk membangun rasa tanggung jawab, kemampuan interaksi, bersosialiasi, toleransi dan kerjasama. Salah satunya dengan ekskul Hizbul Wathan, Hizbul Wathan yang berarti pembela tanah air adalah nama gerakan kepanduan dalam Muhammadiyah, kepanduan adalah system pendidikan yang bertujuan untuk membentuk dan membina watak siswa dengan metode yang menarik, menyenangkan dan menantang serta dilaksanakan di alam terbuka.

Setiap tahun siswa ABS melakukan kegiatan wajib kepanduan yaitu Supercamp sekaligus melaksanakan kegiatan pelantikan kenaikan tingkat dalam kepanduan Hizbul Wathan. Setiap tahunnya tempat supercamp dikemas secara berbeda dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menarik serta menantang karena untuk membangun karakter siswa tidak hanya ditentukan oleh prestasi sekolah namun sebagian besar yang menentukan proses pengembangan diri adalah dengan membentuk kecerdasan emosional dan menjalin hubungan sosial dengan baik melalui kegiatan ekskul.

Maka dari itu dari kegiatan Hizbul Wathan sekolah menciptakan lingkungan yang berkarakter guna membentuk generasi yang tidak pantang menyerah ketika menghandapi tantangan dalam hidupnya, dan selalu optimis dalam meraih kesuksesan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *