Investasi Sejak Dini Bagi Millenials

Oleh : Deri hendaryadi

Apakah anda mau kaya raya? Banyak cara dilakukan orang untuk memperoleh kekayaan. Salah satunya adalah investasi. Mungkin banyak diantara kita yang masih awam atau takut dengan istilah tersebut. Jadi apa sih investasi itu? Investasi adalah salah satu cara untuk memperoleh kekayaan bagi seseorang tetapi orang tersebut tidak perlu bekerja. Orang yang melakukan investasi tersebut dikenal dengan investor. Sebelum saya jelaskan lebih jauh, anda harus memahami dulu dimana posisi anda sekarang. Menurut Robert T. Kiyosaki, setiap orang akan berada di salah satu kuadran profesi (Gambar 1). Hal yang menarik adalah, setiap orang yang tidak berada pada kuadran investor, bisa berpindah menjadi seorang investor kapan saja. Kok bisa? Simak terus penjelasannya sampai tuntas ya!

Beberapa instrumen investasi yang dapat kita pilih antara lain properti, saham, obligasi, deposito, dan emas. Pada tulisan kali ini saya akan membahas khusus tentang investasi emas dalam bentuk logam mulia (bukan perhiasan). Kenapa emas? Karena setiap tahun harganya selalu naik dan mudah dijual kembali (Gambar 2).

Gambar 2 Simulasi investasi emas (harga berdasarkan https://harga-emas.org)

Sesuai dengan visi Aisyiyah Boarding School yaitu berilmu amaliah dan beramal ilmiah, maka literasi finansial sudah mulai diberikan sejak tingkatan SMP maupun SMA. Salah satu literasi finansial yang diajarkan adalah gerakan investasi sejak dini. Pada kegiatan kali ini, santriwati SMA ABS Bandung diberi materi dan praktek investasi emas secara online. Hal ini dipilih karena santriwati bisa berinvestasi emas hanya Rp 100,- sehingga cocok diterapkan pada kalangan pelajar yang pendapatannya masih terbatas. Mereka berkomitmen untuk berinvestasi emas secara rutin per minggu sebesar Rp 30.000,- selama 3 tahun sampai lulus (Gambar 3). Jika mereka sanggup berinvestasi dengan menyisihkan uang jajan yang terbatas, maka tidak ada alasan bagi anda yang sudah berpenghasilan tidak menjadi investor. SALAM INVESTASI !

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *