KEISTIMEWAAN TAHAJUD : 1-5

Seluruh muslim dan muslimah di seluruh dunia pasti ingin memiliki predikat muslim yang sejati  dimata Allah, karena dengan predikat itulah manusia bisa mendapatkan kesuksesan yang hakiki yaitu sukses didunia dan akhirat. Dan muslim mana ynag tidak mau mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat ? pastinya semua muslim  ingin mendapatkan  kesuksesan dunia  trutama  di akhirat kelak. Dengan cara apa ?  tentunya dengan  cara  berlomba lomba memperlihatkan  amalan shaleh terbaiknya kepada Allah.

Hal ini pula yang mungkin sering dipikirkan oleh seluruh kaum muslim dan muslimah di seluruh dunia mereka yang ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidup, entah itu sukses dalam karir, sebagai pengusaha dia sukses bisnisnya, Sebagai guru di sukses dalam mendidik siswa dan siswinya, sebagai pelajar dia sukses dalam menuntut ilmunya. dalam kehidupan berumah tangga, dalam kehidupan sosial dan lain sebagainya. Meskipun pada akhirnya pengertian sukses itu berbeda-beda. Kalau di sederhanakan semua pengertian sukses yang berbeda-beda itu adalah  apa yang membahagiakan. Saya kira setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan dan keberkahan dalam hidup. Sehingga untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut tak jarang mereka selalu  konsisten melaksanakan  ibadah wajib dan ibadah ibadah sunnah secara sempurna sebagaimana orang orang shaleh tedahulu.

Setiap orang dewasa ini sudah mengetahui bahwa yang bisa membahagiakan hidupnya hanya Allah SWT. Namun terkadang  mereka lupa atau masih sangat jarang yang mau menyerahkan problem hidup yang dimiliki kepada Zat yang menguasai segala urusan. Padahal ada pekerjaan yang bisa mendekatkan kita kepadaNya yaitu shalat tahajjud. Sebab salah satu manfaat shalat tahajjud paling besar adalah mampu mendekatkan seorang hamba dengan penciptanya. Inilah manfaat shalat tahajjud yang paling utama adalah semakin dekatnya kita kepada Allah SWT. Jika kita sudah dekat denganNya, maka apa yang kita inginkan akan mudah di penuhi.

Sebagai mana Hadits Rasul Saw

“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Tirmidzi).

Begitu banyak shalat sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw guna memnuntut kehidupan manusia didunia. Salah satunya adalah sholat tahajud yang banyak dilakukan oleh kaum muslim di seluruh dunia. Sholat tahajud sendiri adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Tak jarang banyak orang yang mengerjakannya di kala terbangun di tengah malam. Anda pun bisa mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya, tak ada batasan. dengan diakhiri dengan shalat witir sebagai penutup.

previous arrow
next arrow
Slider
Kegiatan Tahajjud Santriwati ABS

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata :

“Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,’Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ عَنْ زِيَادٍ قَالَ سَمِعْتُ الْمُغِيرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ إِنْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَقُومُ لِيُصَلِّيَ حَتَّى تَرِمُ قَدَمَاهُ أَوْ سَاقَاهُ فَيُقَالُ لَهُ فَيَقُولُ أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim berkata, telah menceritakan kepada kami Mis’ar dari Ziyad berkata; aku mendengar Al Mughirah radliallahu ‘anhu berkata; “Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bangun untuk mendirikan shalat (malam) hingga tampak bengkak pada kaki atau betis, Beliau dimintai keterangan tentangnya. Maka Beliau menjawab: “Apakah memang tidak sepatutnya aku menjadi hamba yang bersyukur?”

( Shahih Bukhari No. 1062)

Baca Selanjutnya : (2) Keutamaan Tahajud didalam dalil Quran

____

Penulis : Uci Tarmana, S.Pd

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *