Manfaat Mempelajari Kaligrafi

kaligrafi Arab sangat berkaitan dengan ajaran Islam,

 

Kaligrafi Arab atau dalam bahasa Arab disebut dengan Khat Araby merupakan sebuah seni menulis indah tulisan Arab. Seni kaligrafi sudah muncul sejak zaman pra Islam, dan berkembang pesat pada masa Bani Abbasiyah. Saat ini kaligrafi Arab sudah berkembang di Indonesia. Walaupun kaligrafi telah tersebar di seluruh Indonesia, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat mempelajarinya. Padahal kaligrafi Arab sangat berkaitan dengan ajaran Islam, mengingat apa yang ditulis pastilah ayat al-Qur’an, sunah, atau bahasa Arab yang memang sangat dianjurkan untuk dipelajari oleh seorang Muslim.

Adapun manfaat mempelajari kaligrafi yang di antaranya adalah:

  1. Menjaga al-Qur’an dan sunah

Kaligrafer (orang yang menulis kaligrafi) termasuk ke dalam orang yang berperan dalam menjaga al-Qur’an dan sunah selain para hafidzhoh, karena mereka membuat al-Qur’an dan sunah menjadi tertulis dan tulisan itu dapat tersebar dan tersampaikan kepada banyak orang, dengan begitu al-Qur’an dan sunah tidak punah.

  1. Untuk menyalurkan kemampuan seni seorang muslim

Dalam Islam terdapat beberapa larangan dalam berseni diantaranya adalah seni yang dibuat tidak boleh menjurus kepada syirik dan maksiat. Bagi seorang muslim yang senang melukis dan khawatir kemampuannya menimbulkan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam dapat menyalurkan bakatnya melalui kaligrafi.

  1. Memudahkan dalam menghafal al-Qur’an

Pada praktiknya saat mempelajari kaligrafi, kaligrafer akan menulis ayat Qur’an secara berulang hingga tulisannya sesuai dengan qaidah, dan hal ini dapat membuat kaligrafer menghafal ayat qur’an yang ditulisnya. Tidak hanya hafal dengan ucapan bahkan hafal tulisannya.

  1. Melatih Kesabaran

Seorang yang menulis kaligrafi tidak dapat menulis dalam keadaan tergesa karena tulisan akan terlihat sempurna dengan ketelitian penulisnya. Sehingga dengan menulis kaligrafi dapat melatih kesabaran seseorang.

  1. Menambah Kecintaan terhadap Ayat Qur’an

Tulisan yang indah akan membuat orang yang melihatnya merasa takjub. Oleh karena itu, saat menulis atau melihat kaligrafi rasa cinta terhadap ayat Qur’an akan bertambah.

  1. Membuat ayat Qur’an, Sunah, dan Bahasa Arab Tersampaikan dengan Benar

Di sekolah atau pengajian sering kali siswa mendapatkan tugas menulis ayat qur’an dan sunah, atau tugas-tugas yang berhubungan dengan bahasa Arab. Tak jarang tulisan-tulisan Arab yang ditulis oleh para siswa tidak sesuai dengan qaidah, sehingga tulisan tidak terbaca. Hal ini membuat guru yang memeriksa merasa kesulitan. Bahkan kesalahan qaidah pada penulisan ayat qur’an akan menimbulkan kesalahan saat membacanya dan merubah isi dari ayatnya. Saat mempelajari kaligrafi tulisan Arab akan terlihat lebih rapih dann apa yang dimaksud akan tersampaikan dengan benar.

  1. Meningkatkan Kreatifitas

Seorang kaligrafer akan terus menyempurnakan desain yang dia buat dan menciptakan desain-desain baru, selain itu kaligrafer juga akan berlatih memadukan warna-warna agar karyanya terlihat indah. Sehingga kekreatifan seseorang akan meningkat saat dia mempelajari kaliigrafi.

previous arrow
next arrow
Slider

___

Penulis : Hani, S.Pd

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *