Marhaban ya Ramadan : Manajemen Waktu di Bulan Ramadan

Selamat Datang Ramadan, tidak terasa kita akan bertemu kembali dengan bulan yang sangat dirindukan Ramadan. Bulan dimana segala keberkahan berlipat ganda diberikan Allah kepada kita. Sudah siapkah kita menjemput Ramadan nan Suci dan Mulia?

Pertama kali apa yang kita bayangkan ketika mendengar bulan Ramadan? Wah pastinya kita sudah berencana mengikuti kegiatan-kegiatan terutama yang meningkatkan kualitas Ibadah kita bukan. Karena di bulan Ramadan nilai ibadah akan lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya. Karena itulah Ramadan menjadi sangat istimewa dan dinantikan. Baiklah pada artikel ini kita akan mencoba merencanakan apa yang akan kita lakukan di bulan Ramadan, mengapa? Agar Ramadan tidak berlalu begitu saja, dan kita tidak pernah ada jaminan bisa bertemu kembali dengan Ramadan .

kita selalu memiliki daftar keinginan namun kita akan dihadapkan pada tidak terlalu banyak waktu tersedia untuk melaksanakannya. Dengan kecakapan memilih dan memilah kegiatan, kita dapat memanfaatkan waktu dan peluang kita sebaik-baiknya. Namun kebalikannya bila kita tidak bisa menentukan kegiatan apa yang harus dilakukan, kita akan mendapatkan hasil yang tidak maksimal dan menghabiskan waktu yang menghambat kita bergerak maju.

Kita akan berkenalan dengan Matrik Prioritas Tindakan yang berguna untuk memilih dan memilah kegiatan apa yang harus diprioritaskan dan apa yang harus dihindari apabila kita ingin memanfaatkan waktu secara efektif.

Contoh Matrik Prioritas

Buatlah daftar yang jelas tentang apa yang perlu kita capai, atau buat rencana untuk meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu dengan menggunakan Matriks Prioritas. Konsep kuadran manajemen waktu adalah alat manajemen yang kuat yang membantu Anda menggunakan waktu dengan bijak.

Mantrik Prioritas terdiri memiliki dua dimensi : Kepentingan (Importance) dan Urgensi (Urgency/ mendesak atau tidak) .

  • Kuadran 1 Significant, diisi dengan kegiatan yang memiliki kepentingan tinggi namun tidak terlalu mendesak, sehingga yang terbaik adalah harus membuat penjadwalan.
  • Kuadran 2 Urgent, Penting dan mendesak, diisi dengan kegiatan-kegiatan yang harus segera mungkin dilaksanakan dan tidak ditunda-tunda
  • Kuadran 3 Unsignificant, Tidak penting dan mendesak, lebih baik kegiatan pada kuadran ini diabaikan saja atau tidak usah dilaksanakan karena tidak akan berdampak apa-apa
  • Kuadran 4 Not Urgent, tidak mendesak,maka untuk kegiatan ini bisa didelegasikan kepada orang lain atau dengan meminta bantuan orang lain.

Semoga dengan membuat matrik ini kita dapat meningkatkan kualiat ibadah kita di Bulan Ramadan,oya matrik ini bisa digunakan untuk hal-hal yang lain lho. Kita bisa membuat manajemen waktu menggunakan matrik ini, untuk templatenya silakan bisa diunduh disini : downlad template 

____

Oleh Adi adei | Pengajar Rumpun Sosial

    6 Comments

  1. Hilda
    2 May 2019
    Reply

    Terimakasih informasinya… Sangat membantu. Ibadah juga perlu direncanakan. Waktu yang singkat harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal.

    • AdminAbs
      2 May 2019
      Reply

      setuju Bunda

  2. dewan
    2 May 2019
    Reply

    persiapan ibadah yg matang akan mendapatkan hasil yang matang pula

    • AdminAbs
      2 May 2019
      Reply

      aplikasi ilmu Ekonomi dan Manajemen dalam aktivitas sehari-hari

  3. Teguh Mulyadi
    2 May 2019
    Reply

    Kereeen,, sangat Membantu, Panduan Teknis Yang Kongkreet,, Amal Jariyah neeeh,, Thanks ABS

    • AdminAbs
      2 May 2019
      Reply

      sama-sama kak teguh

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *