Mengenal Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Oleh : Mahira Shafiananta/ Santriwati

Sejarah Singkat Tapak Suci 

Tapak Suci adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang lahir pada tanggal 31 juli 1963 secara resmi di Yogyakarta. Perguruan ini berada dibawah naugan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom. Perguruan ini termasuk dalam 10 historis perguruan IPSI. Tapak Suci adalah perguruan seni beladiri yang berasas Islam, bersumber pada Al Quran dan As Sunnah, dan berjiwa persaudaraan.

Tapak Suci didirikan oleh H.M.Barie Irsjad dan Muhammad Rustam Djundam. bertekad bulat mengagungkan asma Allah, dan dengan dijiwai sikap jujur, amanah, rendah hati, berakhlaq mulia, mengamalkan ajaran Islam yang bersumber kepada Al Qur’an dan As Sunnah.

Sejarah tapak suci berawal sebelum tahun 1963.Pada saat itu, aliran pencak silat asal banjaran yang dikuasai oleh K.H.Busyro,yang bermukin di Pesantren di Binorong, Banjarnegara, Jawa Tengah.K.H.Busyro adalah ulama yang patriotic, tidak menyukai penjajahan,dan berkali-kali menjadi buronan kolonial Belanda.Nama kecil nya adalah Ibrahim,sekembalinya dari tanah suci,nama nya diganti menjadi K.H. Busyro Syuhada.

Makna Lambang 

Bentuk Bulat : Bertekat Bulat.

Berdasar Biru : Keagungan.

Bertepi Hitam : Kekal dan abadi melambangkan sifat Allah SWT.

Bunga Mawar : Keharuman.

Warna Merah : Keberanian.

Daun Kelapa Hijau : Kesempurnaan.

Bunga Melati Putih : Kesucian

Jumlah Bunga Melati Sebelas : Rukun Islam dan Rukun Iman.

Tangan Kanan Putih : Keutamaan.

Terbuka : Kejujuran.

Berjari Rapat : Keeratan.

Ibu Jari Tertekuk : Kerendahan Hati.

Sinar Matahari Kuning : Putra Muhammadiyah.

________