MENGENAL SHAUM SUNNAH

APA ITU SHAUM ?

Shaum secara etimologi bermakna menahan diri dari sesuatu, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Menurut definisi ahli Fiqih, shaum berarti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Secara garis besar shaum terbagi menjadi dua, yaitu shaum wajib dan shaum sunnah. Diantara shaum wajib yang kita ketahui adalah shaum di bulan Ramadhan, shaum qadha, shaum kifarat dan shaum nazar.

MENGENAL SHAUM SUNNAH

Setelah kita mengetahui macam – macam shaum wajib. Nabi Muhammad ﷺ  juga mencontohkan shaum sunnah. Shaum sunnah adalah shaum yang dilakukan di luar bulan ramadhan. Shaum sunnah adalah amalan yang dapat melengkapi kekurangan amalan wajib dan memiliki banyak keutamaan.

Diantara bentuk shaum sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah ﷺ adalah sebagai berikut :

  1. Shaum Senin – Kamis

Abu Hurairah berkata, telah bersabda Rasulullah ﷺ bersada : Amal-amal perbuatan itu diajukan pada hari senin dan kamis, oleh karena aku ingin amal perbuatanku diajukan pada saat aku sedang shaum. (Hr. At-Tirmidzi)

Dalam hadits yang lain, Aisyah  Ra. Berkata :

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Sesungguhnya Rasulullah  senantiasa menjaga berpuasa di hari Senin dan Kamis.(Hr. Nasai No: 2320)

 

  1. Shaum enam hari di bulan syawal

Dari Abu Ayyub R.a bahwasanya Rasulullah ﷺ. Bersabda, Barangsiapa yang shaum pada bulan ramadhan kemudian diikuti dengan shaum sunnah enam hari pada bulan syawal, ia seakan-akan shaum sepanjang tahun. (H.R Muslim)

 

  1. Shaum Tasua dan Asyura (9-10) Muharram

Abu Hurairah ra. Berkata, telah bersabda Rasulullah ﷺ : Shaum yang paling utama setelah shaum ramadhan adalah shaum pada bulan Muharram , dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah sholat malam. (H.R Muslim)

Kapan shaum Muharram dilakukan ?

Diriwayatkan dari abu qatadah ra. Bahwasanya Rasulullah ﷺ ditanya tentang shaum Asyura (tanggal 10 Muharram), kemudian beliau menjawab, shaum itu dapat menebus dosa setahun yang telah lalu. (HR. Muslim)

Ibnu abbas berkata, rasulullah ﷺ bersabda :

Seandainya saya masih hidup sampai tahun depan, niscaya saya akan shaum pada tanggal sembilan (bulan Maharram). (H.R Muslim)

Dari dua hadits diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa shaum Muharram itu dilakukan pada tanggal sembilan dan sepuluh di bulan Muharram.

 

  1. Shaum Daud

Shaum daud adalah shaum yang dilakukan selang satu hari. Rasulullah ﷺ bersabda:

أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Puasa yang paling disukai oleh Allah ialah puasa Daud. Dia berpuasa satu hari dan tidak puasa satu hari. | Hr. Bukhori no: 3167 dari Abdullah bin Amr r.a.

Abdullah bin Amr bin Ash r.a. berkata:

فَقُلْتُ وَمَا صَوْمُ دَاوُدَ قَالَ نِصْفُ الدَّهْرِ

Aku bertanya kepada Rasulullah : “Apakah shaum Daud itu?” Beliau menjawab: “Puasa setengah tahun.” | Hr. Bukhori No: 1838

Dari keterangan diatas menandakan bahwa puasa Daud itu dilaksanakan satu tahun penuh, yang bila selang sehari, berarti sama dengan puasa setengah tahun.

 

  1. Shaum pada bulan syaban

Rasulullah ﷺ suka meningkatkan frekuensi shaum sunah pada bulan syaban.

Aisyah ra. Menjelaskan

وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ

… Dan aku tidak pernah melihat Rasulullah . dalam satu bulan yang lebih banyak dipuasai oleh beliau melebihi berpuasa di bulan Sya’ban. | Hr. Muslim No: 1956

 

  1. Shaum tiga hari setiap bulan

Rasulullah ﷺ  bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Abu Dzar! Bila kamu berpuasa tiga hari dalam satu bulan, maka berpuasalah pada hari ke 13, 14 dan 15. | Hr. Nasai No: 692 dari Abu Dzar r.a.

 Diantara keutamaan shaum tiga hari setiap bulan seperti apa yang disampaikan oleh Rasulullah ﷺ  yaitu : shaum tiga hari setiap bulan itu seperti shaum sepanjang tahun. (H.R Bukhari dan Muslim)

 

  1. Shaum Arafah

Shaum arafah adalah shaum yang dilaksanakan pada tanggal sembilan dzulhijjah. Disebut shaum arafah karena orang – orang yang melaksanakan ibadah haji sedang melaksanakan puncak ibadah haji, yaitu wuquh di arafah. Karena itu shaum arafah disunnahkan untuk orang-orang yang tidak melaksanakan haji, sementara orang yang sedang melaksanakan haji dilarang melaksanakan shaum sunnah arafah.

Abu Qotadah Al-Anshori r.a. berkata:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

… Rasulullah s.a.w. ditanya tentang puasa di hari Arafah. Beliau s.a.w. menjawab: “Dapat menghapus dosa-dosa satu tahun yang lalu dan satu yang akan datang.” | Hr. Muslim No: 1977

 

Itulah bentuk – bentuk shaum sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah ﷺ .  selain dari shaum sunnah yang dijelaskan diatas. Masih ada beberapa shaum sunnah yang pernah dilakukan oleh rasulullah ﷺ. semoga bermanfaat. Wallahualam. []

 

previous arrow
next arrow
Slider
Kegiatan Sahur bersama untuk Shaum Sunnat

____

Ditulis oleh : Dika Rachman,S.Pd

Pengajar di Aisyiyah Boarding School Bandung

 

Sumber tulisan :

Dr. Aam Amirudin, Bedah Masalah Kontemporer II, Tanya Jawab Ibadah dan Muamalah, (Bandung – Khazanah Intelektual) 2006

17 macam SHAUM SUNNAT

    1 Comment

  1. Hilda
    8 March 2019
    Reply

    Maa syaa Allah artikel yang sangat bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *