The Power Of Sedekah

Sedekah memiliki sejumlah keutamaan dan keistimewaan. Misalnya Dalam surah at-Taubah ayat 103 yang berbunyi :

“Ambillah Zakat dari sebagain harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha ”.

Sedekah bertujuan untuk menyucikan harta dan diri muzaki agar menjadi penenteram batin. Dalam sejumlah hadis, Rasulullah SAW menyatakan, sedekah itu merupakan bukti keimanan seseorang dan mereka yang bersedekah akan memperoleh pahala yang besar di sisi Allah SWT (HR al-Baihaqi).

Di antara keutamaan sedekah, antara lain, Pertama, orang bersedekah berhak mendapat rahmat Allah. Sedekah akan menjadi naungan di akhirat saat tidak ada naungan, kecuali naungan Allah.

“Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang Mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya.” (HR Thabrani dan Baihaqi).

Kedua, sedekah memadamkan murka Ilahi. “Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi.” (HR Thabrani dan Ibnu Asakir).

Ketiga, sedekah menolak mati dalam keadaan suul khatimah (akhir yang buruk). “Akhlak buruk adalah kejelekan, kuat ingatan adalah mengembangkan, dan sedekah menolak mati suul khatimah.” (HR al- Baihaqi).

Keempat, sedekah menjadi sebab disembuhkannya penyakit. “Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan sesungguhnya zakat itu menolak peristiwa mengerikan dan penyakit.” (HR Ad-Dailami dari Ibnu Umar).

Kelima, sedekah itu akan mendapatkan keberkahan dalam hidup dan tambahan rezeki, Dalam hadis lain disebutkan, “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.” (HR Muslim).

Suatu kebanggaan tersendiri, jika kemudian “Bersedekah” itu menjadi Habbit yang melekat pada diri kita serta anak didik kita. Semakin menunjukan bahwa wajah muslim yang penuh dengan rasa kasih dan empati terhadap sesama, itu jelas adanya.


Ditulis oleh : Teguh Mulyadi, SH.I

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *