Produktifkan Waktumu

“WAKTU ADALAH NAFAS YANG TIDAK KEMBALI”

Oleh Nurul Fitri (Pengajar ‘Aisyiyah Boarding School Bandung)

Allah SWT di dalam Alquran bersumpah atas nama waktu di antaranya: demi waktu (al ashr), demi waktu duha (ad-duha), demi waktu malam (al-lail). Hal tersebut hendaknya menjadi petunjuk untuk kita agar senantiasa mengoptimalkan waktu yang dimiliki. Karena apa yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawabannya kelak.

Di dunia ini semua mendapat jatah waktu yang sama, yaitu 24 jam sehari. Namun, apakah waktu tersebut sudah diisi dengan sesuatu yang produktif? Produktivitas tersebut dapat dilihat dari cara mengisi waktu senggang yang dimiliki. Apakah waktu senggang berubah menjadi waktu luang atau waktu senggang berubah menjadi blank time (waktu kosong). Waktu luang  dapat kita maksimalkan menjadi waktu yang berharga, bahkan family time pun merupakan waktu luang yang produktif. Tetapi waktu kosong hanya membiarkan waktu tersebut berlalu tanpa adanya hal yang produktif.

Lalu bagaimana caranya agar kita menghasilkan waktu yang produktif? Saya menggaris bawahi bahwa produktif itu menempatkan sesuatu pada tempatnya. 7T+1B adalah rumus sederhana untuk mengoptimalkan waktu agar produktif.

To Plan

Lakukan perencanan. Kegiatan yang dilakukan tanpa perencanaan hanya akan menghabiskan tenaga, dan waktu yang berlebih. Buatlah rencana harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Dengan adanya rencana akan memudahkan untuk mengatur waktu dan ketercapaian target. Kemudian pasanglah perencaan tersebut di tempat yang mudah terlihat oleh mu.

To do priority scale

Lakukan berdasarkan skala prioritas. Skala Prioritas dan perencanaan adalah dua hal yang saling berkaitan. Rencana adalah sebuah strategi, maka agar strategi tersebut optimal susunlah rencana dengan menggunakan skala prioritas 

To do list

Lakukan yang sudah direncanakan. Rencana yang sangat luar biasa tidak ada artinya apabila tidak direalisasikan. Oleh karena itu, komitmen dan konsistensi sangat dibutuhkan dalam merealisasikan rencana yang sudah disusun.

To focus

Lakukan satu pekerjaan. Multi tasking sangat tidak anjurkan apabila ingin waktu tetap produktif, jika dilakukan hasilnya biasanya kurang optimal. Maka fokuslah pada satu kegiatan tetapi mendapat hasil yang optimal dan kurangi untuk membuka media sosial dan obrolan yang tidak berhubungan ketika sedang mengerjakan sebuah pekerjaan.

To collaborate

Lakukan kolaborasi dengan pihak lain. Jika suatu hal akan optimal dengan berkolaborasi maka lakukanlah. Jalinlah kerjasama dengan teman atau kelompok lain. Selain itu beban pekerjaan akan terasa lebih ringan.

To complete

Lakukan sampai tuntas. Setelah selesai satu pekerjaan maka segera berpindah pekerjaan lain.

To respect your body

Hargai Tubuhmu. Istirahatlah ketika alarm tubuhmu membutuhkan istirahat. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya waktu yang produktif adalah menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Maka ketika beristirahat pada waktu istirahat itu adalah hal yang produktif.

Be happyLakukan dengan bahagia. Ikhlas dalam bekerja maka akan terasa senang dan semangat dalam bekerja sehingga didapat hasil

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *