Agribisnis Pesantren ABS di Baleendah

Oleh : Inding Supriatna

Selain pembangunan komplek pendidikan yang berlokasi di Jl. Laswi No. 308 Baleendah Kab. Bandung, ‘Aisyiyah Boarding School Bandung pun mengembangkan program ekonomi produktif yang bertujuan untuk memperkuat kemandirian pesantren. Salah satu model yang dikembangkan adalah Agribisnis dengan memanfaatkan lahan yang masih tersedia di Baleendah. Selain untuk memenuhi keperluan pesantren, hasil dari agribisnis ini diupayakan menjadi potensi ekonomi yang berdampak luas.

Pada hari Sabtu (20/03/2021) mengawali kegiatan ini, tim pengembangan ekonomi pesantren bersama-sama Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan di Komplek pendidikan ‘Aisyiyah Baleendah. Kegiatan pelatihan ini berkolaborasi dengan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Selain melatih SDM yang akan mengelola program agribisnis ini, diikutsertakan pula Ibu-ibu ‘Aisyiyah dari program KETAPANG (Ketahanan Pangan) ‘Aisyiyah.

Di atas lahan seluas 1000 m2 akan dikembangkan model pertanian organik yang prosesnya akan didampingi oleh fasilitator dari UMMI. Pada pertemuan perdana ini ditanam beberapa tanaman seperti jahe, kunyit, cikur dll. Selain itu ditanam pula pohon buah-buahan di sekitar Gedung Pesantren. Tanaman organik memiliki banyak keunggulan yang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi, dan secara ekonomi memiliki harga yang sangat potensial. Kegiatan ini melibatkan perguruan tinggi untuk menerapkan berbagai riset dan menjadikannya sebagai laboratorium lapangan. Dan kedepannya, selain agribisnis program ini akan berkembang menjadi agriedukasi yang terintegrasi dengan program pendidikan di ‘Aisyiyah Boarding School Bandung.

______________________