Donasi Bencana Banjir Bandang Cicurug Kab. Sukabumi

Oleh : Radia Sihatma

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya” (HR. Ahmad, At Thabrani, Ad Daruqutni)

21 September 2020, telah terjadi banjir bandang di kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi.Tingginya curah hujan memasuki musim penghujan menjadi penyebab banjir bandang ini. Persyarikatan Muhammadiyah membuka pos pelayanan bagi warga terdampak di Kp. Nyangkowek Cicurug Sukabumi melalui koordinasi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sukabumi, dengan didukungan oleh berbagai relawan AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) dan bantuan kemanusiaan yang disalurkan melalui LAZISMU.

Ditengah belum usainya pandemi covid, Muhammadiyah menekankan pentingnya protokol kesehatan selama melakukan respon bencana. Selain itu melalui donasi kemausiaan bagi warga terdampak dapat dititipkan melalui Lazismu Jawa Barat khususnya.

Lazismu KL ‘Aisyiyah Boarding School Bandung (ABS) turut menyalurkan donasi melalui program Sosial Kemanusiaan, donasi yang terhimpun merupakan Infaq dan Shadaqah keluarga besar ABS. Pada 1 Oktober 2020 telah diserahkan donasi melalui Ketua MDMC Jawa Barat Ade Irfan untuk digunakan pada respon bencana banjir bandang Cicurug Sukabumi.

Lazismu KL ABS masih membuka kesempatan bagi siapapun yang akan menitipkan zakat, infaq shadaqohnya untuk disalurkan melalui program sosial kemanusiaan. Selain itu kami juga memiliki beberapa progam lainnya seperti Beasiswa Mentari, Wakaf Tunai Pembangunan Komplek Dakwah Pendidikan ‘Aisyiyah Jawa Barat di Baleendah.

Donasi dapat disampaikan melalui berbagai aplikasi, petugas kami akan dengan senang hati membantu apabila menemui kesulitan.