Musyawarah Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA ABS

Oleh : Najwa Nabilah

Pada tanggal 24 Oktober 2020, PR IPM SMA ‘Aisyiyah Boarding School Bandung telah mengadakan permusyawaratan tertinggi di tingkat ranting, yaitu, kegiatan “Musyawarah Ranting IV”, yang bertemakan “Regenerasi Kader Muslimah Pembaharu yang Berkemajuan”. Musyawarah Ranting  (Musyran) merupakan permusyawaratan Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang diadakan satu tahun sekali di akhir periode. Berikut ini beberapa tujuan diadakannya Musyawarah Ranting, yaitu, sebagai ajang evaluasi pimpinan, wadah untuk merumuskan program kerja organisasi periode berikutnya, serta yang paling penting yaitu sebagai gerbang untuk meregenerasi kader-kader dan pimpinan muslimah pembaharu khususnya di Pimpinan Ranting IPM ‘Aisyiyah Boarding School Bandung, sebelum akhirnya disahkan dalam pelantikan. Kegiatan Musyawarah Ranting IV ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMA ‘Aisyiyah Boarding School Bandung, yaitu, Bapak Andri Suryana, S. Pd., dan dihadiri oleh perwakilan kelas, serta tim peninjau dari Pimpinan Cabang IPM Lengkong.

Dalam pelaksanaannya, ada yang berbeda dari kegiatan musyawarah ranting pada tahun ini, biasanya, musyawarah ranting diadakan secara langsung atau bertatap muka. Dikarenakan keadaan pandemi Covid-19 yang belum juga tuntas, musyran tahun ini tidak bisa kita adakan secara langsung bertatap muka, melainkan menggunakan media online, berupa zoom meeting atau pun Whatsapp group. Tapi syukur Alhamdulillah, kegiatan “Musyawarah Ranting IV” ini masih bisa terlaksana dengan lancar serta rangkaian sidang pleno dapat pula kita selesaikan dengan tepat waktu dan khidmat.

Selain perbedaan sisem pelaksanaanya, terletak pula perbedaan pada sistem pemilihan formaturnya. Sistem pemilihan kader IPM periode 2020-2021 juga menggunakan media online, berupa Google Meet yang mana, biasanya kegiatan ini diadakan bersamaan ketika prosesi musyran berlangsung, akantetapi, kegiatan pemilihan pada tahun ini, diadakan satu minggu sebelum musyran, yaitu pada tanggal 18 Oktober 2020. Dari 11 orang calon formatur, terpilihlah 9 orang calon formatur tetap dari hasil voting yang melibatkan seluruh santriwati SMA ‘Aisyiyah Boarding School Bandung, yang akan dilantik pada bulan November mendatang. Berikut ini, struktur kepemimpinan baru, dari PR IPM ‘Aisyiyah Boarding School Bandung periode 2020-2021 :

  1. Ketua Umum                                                 : Iqlima Najmi
  2. Sekretaris Umum                                         : Alifah Zahira
  3. Bendahara Umum                                        : Raida Khansa H.
  4. Kabid Perkaderan                                         : Artika Latifa
  5. Kabid Pengkajian Ilmu Pengetahuan       : Ayesha Firdha
  6. Kabid Kajian Dakwah Islam                       : Samikhansa
  7. Kabid Apresiasi Seni Budaya dan OR       : Nursyifa Azizah
  8. Kabid Kewirausahaan                                 : Rosi Kirani S.
  9. Kabid Advokasi                                             : Rayungsari C. Geraldine

Untuk itu, kami mohon do’anya agar proses pelantikan pada bulan November nanti berjalan dengan lancar dan tertib. Besar harapan kami, untuk IPM periode selanjutnya, bisa menjadi kader IPM pembaharu yang mampu menjadi teladan bagi ummat dan kader-kader berikutnya.

Nuun walqolami wamaa yasturuun

 

Majenang, 27 November 2020

__________