Outing Syamil Quran : Merawat dan Menumbuhkan Cinta Al Quran

Oleh : Radia Sihatma, S.Pd.

Pendidikan Agama Islam  dan Pesantren merupakan satu kesatuan dengan sistem Pendidikan Nasional,  bertujuan untuk melahirkan manusia yang ber-Iman dan ber-Takwa, Cerdas, Terampil dan Berkepribadian, Mempunyai Jiwa Kompetisi / Daya Saing yang Tinggi, Mandiri dan berbagai kompetensi lainnya. Outing Class kali ini ABS mengajak santriwati ke Syamil Quran Bandung dalam pembelajaran Rumpun Dirasah Islamiyah kelas 2, khususnya materi rukun iman terhadap Al-Qur’an dan sejarah kebudayaan Islam mengenai bagaimana pembukuan mushaf Al-qur’an dizaman shahabat Rasul  dulu dan percetakan Al-Qur’an di zaman sekarang.

Al Quran merupakan kitab suci Umat Islam sehingga tata cara merawatnya pun harus sungguh-sungguh diperhatikan.

Santriwati disertai fasilitator pembimbing tiba siang hari di Syamil Quran, kemudian diantar untuk mengamati proses pembukuan Al Quran di tempat itu serta dijelaskan mengenai adab-adab dalam mengerjakan produk al-Qur’an dan dijelaskan pula mengenai tahap-tahap dalam penyelesaian (finishing) pencetakan al-Qur’an.

Selepas berkeliling santriwati berkumpul untuk berdiskusi mengenai bagaimana agar kita bisa merawat dan mencintai Al Quran dengan terus menghidupkannya, yaitu dengan membacanya setiap saat. Untuk ini Syamil Quran terus berinovasi mengeluarkan produk cetakan Al Quran yang disesuaikan dengan keperluannya. Santriwati pun dikenalkan dengan lagam dan irama dalam membaca Al Quran yang bisa dipraktikan.

Kegiatan ini diharapkan menjadi penggenap pembelajaran di pesantren, selain itu kegiatan ini sangat bermanfaat terutama agar kita semakin cinta dengan Al Quran. Selain itu kita bisa mempraktikan bagaimana cara membaca dengan lagam atau irama yang baik. Al Quran telah ditulis dan dibukukan semenjak lama, kita juga jadi mengetahui bagaimana Al Quran yang kita miliki itu dibuat dan ditulis termasuk adab terkait dengannya. Al Quran merupakan kitab suci Umat Islam sehingga tata cara merawatnya pun harus sungguh-sungguh diperhatikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *