PAGELARAN SENI & PAMERAN KARYA “ART EXHIBITION 2019”

Pada hari Sabtu, 23 Februari 2019, Ujian Praktik gabungan antara mata pelajaran senibudaya, prakarya, dan Bahasa Indonesia untuk kelas IX dan kelas XII atau kelas 3 dan kelas 6 ABS Bandung 2018-2019 diselenggarakan dalam bentuk Pagelaran Seni dan Pameran Karya bertajuk “ART EXHIBITION 2019”. Pagelaran Seni dan Pameran Karya ini memiliki tema “This Is Me” yang dikutip dari lagu tema film “The Greatest Showman” (2017). Pemilihan tema ini bertujuan supaya santri dapat menunjukkan dirinya, menunjukkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing di bidang atau mata pelajaran yang diujikan melalui kegiatan ini.

Kegiatan ini terbagi ke dalam 2 bagian acara, yaitu kegiatan Pagelaran Seni yang digelar oleh santriwati kelas 3 dan kegiatan Pameran Karya yang diselenggarakan oleh santriwati kelas 6. Pameran Karya santriwati kelas 3 dan 6 yang diketuai oleh ananda Methania Zahratul (6) ini sudah dapat dinikmati sedari pukul 8 pagi yang diisi dengan presentasi mengenai konsep dan karya-karya yang dipamerkan dalam pameran karya tersebut. Di dalam pameran pun disajikan video-video pendek karya santriwati dan juga workshop membatik serta sajian minuman herbal hangat dari kelas 6 pada sore hari. Sementara itu, untuk rangkaian Pagelaran Seni dibuka dengan flashmob dari kelas 3 dengan menggunakan lagu tema “This Is Me” di lapangan upacara dengan sangat meriah dan penuh semangat.

Penonton yang berasal dari santriwati, guru, dan staf karyawan ABS Bandung pun kemudian digiring menuju aula yang merupakan lokasi panggung utama kegiatan pagelaran seni. Acara pun resmi dibuka dengan MC 3 bahasa oleh ananda Aisyah Arsya (3A) untuk Bahasa Inggris, ananda Nida Hamidah (3A) untuk Bahasa Indonesia, dan ananda Putri Afiyanti (6) untuk Bahasa Arab. Kemudian acara pembukaan pun dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Yuuka Fadiyah (3A) dan ananda Nazma Talida (3A) kemudian sambutan dari ketua pelaksana pagelaran seni, yaitu ananda Alika Zefanya (3A), lalu oleh Ibu Hera Suroya Humayra, S.Ds sebagai penanggungjawab kegiatan, serta Bapak Dede Kurniawan, S.Th.I sebagai mudir pesantren ‘Aisyiyah Boarding School Bandung.

Pertunjukan pun dimulai oleh MC pertunjukan, yaitu ananda Raihanah Ulimaz (2A) dan ananda Siti Nurrahmah (2A) dan pertunjukan Tari Indang dari ananda Daffa Mujahidah (2A), Iqlima Najmi (3B), Ihsanti Kamilah (3B), Lulur Syakira (3A), Shifa Adzkiyah (3B), Aulia Rahmani (3B), Armeliya Berliana (3A), Fathimah Nahdah (3A), dan Dinar Ratu (3B). Untuk pertunjukan Tari Indang ini, ananda Isti Maghfira (3A) berhalangan hadir karena sedang mengikuti tes masuk ke SMA pilihannya. Selanjutnya, yaitu pertunjukan drama “Pengembala dan Biri-biri” yang disadur dari serial “Upin dan Ipin”. Santriwati yang terlibat dalam pertunjukan drama “Pengembala dan Biri-biri” ini yaitu ananda Siti Nurrahmah (3A), Yasmin Azizah (3B), Intan Tazkia (3A), Naomi Nafisya (3A), Rassya Shafa (3B),  Alika Zefanya (3A), Rintan Azkia (3B), dan Halya Nailatu (3A). Kemudian, penampilan berikutnya adalah tari kreasi modern dari ananda Syahidah Tarisha (3A), Nazma Talida (3A) dan Nida Hamidah (3B) diiringi lagu-lagu tema film “The Greatest Showman” (2017). Sesi pertama dari Pagelaran Seni pun ditutup dengan lagu “A Million Dreams” dari ananda Raihanah Ulimaz (3A), Adrissa Sahara Nayla (3A), Aisyah Arsya (3A) dan Zaenab Karbelani (3B).

Sepanjang pertunjukan di sesi pertama, hadir seorang tamu istimewa, yaitu Nenek Yayah Sukarno yang merupakan muwakif lahan 1,8 Ha yang menjadi tambahan lokasi kampus baru ABS Bandung Baleendah. Beliau sangat terkesima dengan penampilan para santriwati ABS Bandung dan mendukung penuh kegiatan santri dalam mengekspresikan diri dan karya seperti ini. Beliau berharap, semoga acara seperti ini bisa berlangsung secara rutin dengan lebih meriah lagi, tak hanya di lokasi ABS Bandung Kampus Rancagoong ini, saja namun juga di ABS Bandung Kampus Baleendah yang lebih luas.

Setelah ishoma, acara kemudian dilanjutkan kembali di sesi kedua dengan pertunjukan Tari Bubuka dari ananda Naja Zahira (3A) lalu kemudian puisi berantai dari ananda Zainab Almuwaffaqah (3A) Alifah Zahira (3B), Fatia Khansa (3B), Syahidah Tarisha (3A) dan Nazma Talida (3A). Kemudian acara dilanjutkan dengan pertunjukan duet lagu “When You Believe” dari ananda Artika Latifa (3A) dan Yuuka Fadiyah (3B) serta pertunjukan drama dari santri wati kelas 6, yaitu ananda Annisa Salsabila, Andriana Rachmadita, Fauziah Oktavia, Kania Hasna, Methania Zahratul, Najla Balqis, dan Putri Afiyanti. Acara pun berakhir dengan ditutup oleh ananda Methania Zahratul (6) dan doa bersama yang dipimpin oleh ananda Putri Afiyanti (6) serta foto bersama.

Demikian liputan kegiatan Pagelaran Seni dan Pameran Karya “ART EXHIBITION 2019” sebagai USBN Praktik kelas IX dan kelas XII ABS Bandung. Semoga acara ini dapat memberi manfaat baik dalam pembelajaran baik secara kognitif dan keterampilan maupun karakter dan jiwa kreatif bagi santriwati Aisyiyah Bandung.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *