Pendidikan Karakter di Tapak Suci

Hari ini banyak yang mulai membahas pentingnya pendidikan karakter anak pada masa tumbuh kembang dan pendidikan yang diperolehnya. Sekolah bukan sekedar menjadi tempat mencari nilai dari mata pelajaran namun sekolah bisa sekaligus tempat untuk menumbuhkan karakter anak.

Tapak Suci merupakan perguruan bela diri pencak silat di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah. Menjadi salah satu penggenap media belajar dan pembinaan karakter anak sesuai jenjangnya. Meski dengan ke-khasanya yaitu perguruan bela diri, nilai-nilai yang terkandung didalamnya merupakan intisari yang diturunkan dan dikembangkan oleh para pendahulu Tapak Suci. Setidaknya ada 3 tujuan dasar yaitu untuk membentuk karakter muslim yang kuat sebagaimana semboyan tapak suci yaitu Dengan Iman dan akhlak saya menjadi kuat tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah. Kedua sebagai sarana olah raga dan prestasi, dimana para siswa Tapak Suci dapat mengembangkan keahliannya untuk berprestasi di cabang Pencak Silat. Dan yang Ketiga sebagai sarana dakwah, Tapak Suci dapat menjadi sarana dakwah untuk menebar kebaikan dan perdamaian.

Oleh karena itu dengan program yang rutin para siswa Tapak Suci khususnya yang belajar di sekolah harus mempersiapkan diri mengikuti ujian kenaikan tingkat. Ujian ini sebagai pertanggung jawaban keilmuan sekaligus mengukur sejauh mana perkembangan siswa dalam mengikuti program-program pelatihan yang diberikan. Santriwati Aisyiyah Boarding School Bandung sebagai siswa tingkat dasar Tapak Suci pada hari minggu 24/11/19 telah melewati tahap ujian kenaikan tingkat dasar. Dengan ini para siswa berhak menggunakan sabuk dan memperoleh jurus-jurus lanjutan. Selain itu para siswa juga berhak untuk mengikuti turnamen kejuaraan pencak silat baik untuk kategori tanding dan seni setelah mendapatkan Ijazah dan mengikuti ujian.

    1 Comment

  1. dewan
    26 November 2019
    Reply

    mantap, lanjutkan

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *