Siapkah ‘Aisyiyah Boarding School Bandung menghadapi Asesmen Nasional Tahun 2021?

Oleh : Adi Firmansyah

Pada tahun 2021 akan dilaksanakan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional yang telah ditiadakan pada tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid. Apa itu Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Dengan diberlakukannya program ini, maka akan terjadi perubahan paradigma dalam proses belajar mengajar. Asesmen Kompetensi Minimum dilaksanakan untuk mengukur capaian belajar siswa dari hasil belajar kognitif melalui kemampuan Literasi dan Numerasi (Matematika). Survei Karkater dilaksanakan untuk mengukur capaian belajar siswa dari hasil belajar sosial-emosional. Dan Survei Lingkungan Belajar untuk memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Apakah ‘Aisyiyah Boarding School Bandung sudah siap?

Pada 23 November 2020 diselenggarakan Inhouse Training dengan tema : Sosialisasi Asesmen Nasional dan Workshop Pembuatan Soal AKM yang diikuti oleh seluruh pengajar ‘Aisyiyah Boarding School Bandung baik untuk jenjang SMP dan SMA. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID 19. Cece Sutia, M.Pd (Ketua Ikatan Guru Indonesia Kab. Bandung Barat) diundang sebagai pemantik materi dan fasilitator pembuatan soal AKM. Diawali materi sosialisasi Asesmen Nasional, dilanjutkan dengan praktik pembuatan contoh soal AKM oleh Guru ABS.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan seluruh civitas ‘Aisyiyah Boarding School Bandung memiliki visi yang semakin solid untuk mewujudkan lembaga pendidikan  berkualitas dengan lingkungan belajar berwawasan masa depan.

Juga kesiapan Guru dan Fasilitator dalam berbagai aspek untuk mendukung proses Asesmen Nasional yang akan dilaksanakan tahun 2021 mendatang. Tentu banyak sekali perubahan dan adaptasi yang harus dilakukan baik oleh Guru juga Santriwati ABS khususnya yang berada di kelas 9 dan 12. Asesmen Nasional ini, sesuai tujuannya yaitu untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan di tingkat sekolah yang hasilnya sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengajaran, dan lingkungan belajar di satuan pendidikan.

__________

Referensi :
Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor : 293/sipres/A6/X/2020; Asesmen Nasional sebagai Penanda Perubahan Paradigma Evaluasi Pendidikan