Upgrading Staf Pendidik Semester Genap TA. 2020/2021

Oleh : Inding Usup Supriatna

Program Upgrading staf pendidik Semester genap TA. 2020/2021 ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Tenaga Pendidik. Pogram ini meliputi Sosial, Profesional, Pedagogik, dan Akademik. Program ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam proses kegiatan belajar mengajar secara online, selain itu juga untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan layanan prima di masa pandemi covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari mulai tgl 04-08 Januari 2021 di ‘Aisyiyah Boarding School Bandung dan diikuti oleh seluruh tenaga pendidik (Guru, Pembina & Staf) ‘Aisyiyah Boarding School Bandung. Selain itu, kegiatan ini tetap memberlakukan protokol Covid-19 dengan menerapkan 3M; menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Tenaga Pendidik merupakan salah satu unsur yang sangat penting dari ‘Aisyiyah Boarding School Bandung. Tenaga pendidik mempunyai fungsi sebagai pemikir, perencana, penggerak, pelangsung dan penyempurna untuk mencapai tujuan ‘Aisyiyah Boarding School Bandung.

Maju dan tidaknya ‘Aisyiyah Boarding School Bandung salah satunya ditentukan oleh kualitas tenaga pendikdiknya. Tenaga Pendidik memiliki kemampuan unuk mengelola seluruh komponen yang dimiliki ABS Bandung ; mengelola kurikulum,  sistem pembelajaran, media pembelajaran dan lainnya. Oleh sebab itu setiap saat Tenaga Pendidik harus terus di update keilmuannya ; religiusitasnya, intelektualnya, welas asihnya. Dan kompetensinya ; profesional, pedagogik, sosialnya. Serta kemampuan mengelola teknologi 4.0 dalam dunia pendidikan saat pandemi covid-19.

Materi & Kegiatan kegiatan ini meliputi:

  1. Penguatan nilai ABS Bandung “berilmua amaliah, beramal ilmiah”
  2. Pengelolaan psikologis saat pandemi covid-19.
  3. Inovasi pembelajaran saat pendemi covid-19.
  4. Digitalisasi materi pembelajaran.
  5. Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah tentang standar pengelolaan pembelajaran saat pandemi covid-19.
  6. Diskusi Kelompok Terpumpun
  7. Games Edukatif.
  8. Best Partice.

Harapannya pandemi segera sirna sehingga ‘Aisyiyah Boarding School dapat merancang program pendidikan secara optimal, namun pandemi yang masih jauh dari usai memerlukan kecakapan adaptasi dalam menjalankan tugas-tugas kependidikan.

_____________________