Workshop Story Telling

“What you’re trying to do, when you tell a story, is to write about an event in your life that made you feel some particular way. And what you’re trying to do, when you tell a story, is to get the audience to have that same feeling.”

Pixar director Pete Docter

Pernah mendengar istilah Story Telling?  Secara umum story telling adalah kecakapan bertutur atau bercerita, bisa juga seperti mendongeng. Untuk dapat melakukan story telling kita harus menguasai tehnik bertutur dengan penghayatan dan ekspresi tubuh kita agar mustami turut larut dalam cerita yang disampaikan penutur. Tentu saja sorang Story Teller memerlukan proses pembentukan karakter yang tidak instan, diperlukan jam latihan baik di depan cermin dan di depan orang lain sekaligus.

Bercerita memang mudah, namun ketika harus melakukannya di depan umum ? Untuk meningkatkan kecakapan Story Telling santriwati Aisyiyah Boarding School, pada hari Kamis, 7 Maret 2019 diadakan workshop story telling. Fasilitator kegiatan ini adalah kak Alexandria yang membagi pengalamannya kepada santriwati ABS tehnik – tehnik story telling. Kegiatan ini dikemas dengan sangat menarik hingga santriwati diberi kesempatan untuk mempraktekan story telling secara langsung.

 

Banyak manfaat dengan menguasai kecakapan ini, salah satunya agar kita semakin mahir ketika harus melakukan public speaking  atau berbicara di depan umum. Selain itu bagi penutur  bermanfaat untuk mengembangkan daya pikir dan imajinasi, mengembangkan daya ingat dan masih banyak lagi. Bagi mustami manfaatnya  adalah mengembangkan fantasi, empati, dan perasaan lainnya, juga sebagai media pembelajaran yang tidak membosankan. Melalui story telling kita bisa memengaruhi dunia melalui cerita yang inspiratif dan menggerakan.

___

Reporter : Adi Adei

previous arrow
next arrow
Slider

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *