Market Day SMP Aisyiyah Boarding School Bandung

Melanjutkan rangkaian kegiatan Market Day ‘Aisyiyah Boarding School Bandung 2019 yang dimulai sejak bulan Februari lalu, kali ini, giliran tim dari SMP ABS Bandung lah yang beraksi. Dimulai dengan kegiatan produksi dilaksanakan pada tanggal 9 maret 2019. Perwakilan dari setiap kelompok pergi ke pasar Gumuruh untuk membeli keperluan bahan – bahan makanan yang akan dibuat.

Para santri pergi ke pasar gumuruh sekitar pukul 05.30 sampai pukul 07.00. Setelah itu mereka kembali lagi ke ABS untuk memulai produksi.Setelah semua barang-barang yang diperlukan sudah lengakap, semua kelompok memulai proses produksinya.

Hari Minggu tanggal 10 Maret 2019 santriwati SMP ‘Aisyiyah Boarding School Bandung pergi ke CFD Buah Batu untuk Market Day. Para santri pergi pada pukul 07.00 dengan menggunakan angkot. Saat sampai, di sana sudah banyak orang berjualan yang membuka stand. Para santriwati ABS pun mulai menjual makanan dengan berkeliling CFD Buah Batu sambil membawa barang yang akan dijual.

Para santri dengan gencar mempromosikan barang dagangannya sambil sesekali berteriak,”Ayo beli… boleh boleh… silahkan…. Ayo….” Makanan yang dijual ada Burito Cotton Candy, Es Gabus, Ice noodle, Milkshake, Donatsu, Bola-bola coklat, Nasi Kepal , dan Makaroni.

Hal yang dapat diambil dari kegiatan Market Day yang rutin dilaksanakan setahun sekali di ABS ini adalah kemandirian, kerja keras, tanggung jawab, dan percaya diri. Karena semuanya dilakukan sendiri oleh para santriwati dari mulai belanja, proses produksi, dan pergi ke CFD. Mereka juga harus bekerja keras untuk membuat makanan yang akan dijual, dan juga menarik hati pembeli agar tertarik dengan produk yang dibuat oleh masing-masing kelompok.

Apa yang dikerjakan pun harus selalu dipertanggung jawabkan, misalnya saat meminjam pisau ke dapur untuk memotong sosis, mereka harus mengembalikannya lagi. Terakhir, para santri juga dilatih untuk memiliki rasa percaya diri, karena sebagai seorang wirausahawan harus memiliki rasa percaya diri untuk menawarkan produk kepada para konsumen agar mereka tertarik dan rencana bisnis yang sudah dikerjakan berhasil.

Untuk hasil kompetisi Market Day ABS Bandung 2019 Kategori SMP ini dimenangkan oleh santriwati kelompok 5, dengan keuntungan bersih sebesar Rp 332.000,00.
Sekian sekilas kisah tentang market day SMP 2019. Terima Kasih.

Oleh: Bidang Kewirausahaan PR IPM Bandung

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *