Operasi Actie Product

“Puasa tidak menghalangi seseorang untuk berjuang. Karena itu sambil berpuasa berjuanglah, dan sambil berjuang berpuasalah”

Sejarah — Mereka menyangka rakyat Indonesia yang mayoritas muslim dalam keadaan lemah karena sedang melaksanakan shaum Ramadan 1366 H. Hingga mereka melaksanakan aksi polisionil dengan kode Actie Product dalam rangka merebut kembali objek-objek penting yang ditinggalkan Jepang setelah kalah dan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu  pada 14 Agustus 1945. Operasi ini sebagai kelanjutan dari perjanjian linggarjati yang ternyata dilanggar oleh Belanda.

Para ulama sudah bisa memperkirakan Belanda akan datang kembali, mereka memanfaatkan mimbar-mimbar untuk menyerukan kepada rakyat bahwa “puasa tidak menghalangi seseorang untuk berjuang. Karena itu sambil berpuasa berjuanglah, dan sambil berjuang berpuasalah”.

Belanda yang dipimpin oleh Jendral Spoor datang dengan kekuatan tempur yang lengkap dan unggul dibandingkan kekuatan perlawanan bangsa Indonesia. Misi utamanya adalah untuk menguasai wilayah-wilayah dengan perkebunan dan pabrik-pabrik yang pernah dikuasai Belanda. Dengan dikuasainya kembali sektor-sektor ini Hindia Belanda akan kembali mengalirkan pemasukan untuk Belanda. Sehingga operasi militer ini diberi nama Actie Product.

Kita menyebutnya Agresi Militer Belanda 1 , Tentara Republik dan berbagai elemen kelaskaran bahu membahu mengusir Belanda dengan mengganggu pergerakan militer mereka. Tidak sedikit korban dari pihak Belanda, perlawanan yang semakin gencar mulai melemahkan Belanda bahkan di dunia luar aksi Belanda mendapat sorotan dan mengundang reaksi negatif dan menuai kecaman.

PBB berhasil menghentikan gerakan militer Belanda pada 4 Agustus 1947 dan menyerukan untuk secepatnya dilakukan gencatan senjata,” Situasi itu telah menambah pengalaman tempur TNI dan memperkuat organisasi militer Republik Indonesia. Kemudian pihak-pihak yang bertikai bertemu kembali untuk melakukan gencatan senjata, pertemuan ini terkenal dengan perjanjian Renville karena dilaksanakan diatas kapal berbendera Amerika yang berlabuh di teluk Jakarta bernama kapal Renville.

____

Oleh : Adi Adei | Rumpun Sosial

Sumber Tulisan :

Bulan puasa di bawah agresi militer Belanda 

Anti Klimak Sebuah Agresi

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *