Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung membangun Sekolah Respek bagi santriwati.

Bandung, 07 April 2017 lalu, ‘Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung mengadakan sebuah training yang merupakan serangkaian upaya dalam membentuk sekolah respek. Fakta yang cukup mencengangkan tentang Indonesia, salah satunya adalah Indonesia merupakan Negara Peringkat Pertama dalam Hal Cyber Bullying. Bukan hanya itu, bahkan menurut Plan Internasional tahun 2015 terdapat 84% anak Indonesia mengalami kekerasan di sekolah ( Fisik, Emosional, Seksual dan bentuk lainnya) dan 70% pelajar Indonesia mengaku mengalami Bully di sekolah. Tentu ini menjadi perhatian kita semua, sebagai Orangtua juga pendidik.

Bully sendiri akan sangat mengakibatkan ketakutan, depresi, terganggunya proses belajar bahkan hingga kematian. Ini seringkali menjadi problem yang sulit dipecahkan atau menjadi konsentrasi utama lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Dengan berbagai keterbatasan lembaga pendidikan, mulai dari terbatasnya kapasitas system pendidikan sekolah dan guru mengenai bully, terbatasnya pengetahuai siswa, guru dan orangtua tentang bully.

Penyakit akut ini tentu tidak bisa dibiarkan, mesti diobati sampai pada akarnya. dengan spirit #RESPEK. Gerakan yang bertujuan untuk memberikan edukasi, membangun kesadaran dan menggalang komitmen terhadap pentingnya bahaya bullying. kami Keluarga Besar ‘Aisyiyah Boarding School Bandung menyelenggarakan Workshop #RESPEK dengan Tema “Together Against Bullying” pada tanggal 7 April 2017 yang diikuti oleh seluruh siswa, pendidik dan tenaga kependidikan bersama Fasilitator dari Tim Peace Generation ( social enterprise yang focus pada pendidikan perdamaian) yang dikemas dengan kreatif dan menyenangkan.

Kegiatan ini menjadi satu bukti bahwa lembaga pendidikan kami ‘Aisyiyah Boarding School Bandung bersungguh-sungguh untuk Menolak Aktivitas Bullying. Bukan hanya sebatas penyelenggaraan workshop, kampanye #RESPEK juga terus berlanjut dengan Pembuatan Poster Anti Bully untuk siswa, guru dan civitas akademik sekolah. Kemudian meciptakan setiap kegiatan sekolah tanpa bully, seperti kegiatan orientasi/ta’aruf siswa tanpa bully. Bahkan mampu menciptakan Lingkungan Sekolah Tanpa Bully.

Dengan komitmen tersebut, ‘Aisyiyah Boarding School Bandung hadir tidak hanya menyuguhkan Sekolah yang Berkarakter namun ABS Bandung juga bercita – cita menjadi COmpassionate School (Sekolah yang aman dan nyaman) bagi para santriwatinya.

Kegiatan workshop stop bullying with repect di kelas bagi para santriwati.

 

Pemaparan pemahaman terkait respek bagi santriwati.

 

Pemaparan bagi para guru dan staff terkait menciptakan lingkungan yang bebas bullying

 

Irfan Amalee terkait menciptakan lingkungan bebas risak atau bullying.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *