Apa yang menjadikan manusia sangat menghargai kehidupannya?

Apa yang menjadikan manusia sangat menghargai kehidupannya?

Berangkat dari pertanyaan diatas, timbullah pertanyaan-pertanyaan lain mengenai bagaimana orang-orang membuat kehidupannya menjadi sesuatu yang pantas untuk dihormati, dipuji dan dipertahankan. Masing-masing dari mereka menciptakan sendiri indikator yang harus dipenuhi supaya dapat diperlihatkan kepada orang lain dan menjadikannya orang yang pantas untuk dihormati. Terlepas dari apapun istilah yang dibuat dalam masing-masing orang, namun yang sering dan sangat familiar di dengar adalah istilah “kesuksesan”, lalu apa itu kesuksesan.

Beberapa tahun yang lalu orang-orang mengukur kecerdasan berdasarkan Intelligence Quotient (IQ), lalu di tambah dengan Emotional Quotient (EQ) disempurnakan lagi dengan menambahkan Spiritual Quotient (SQ) dan yang terakhir adalah Love Quotient (LQ) hal ini menggambarkan bahwa manusia semakin aware terhadap selfdemand yang muncul dalam dirinya. Seiring berkembangnya zaman, tuntutan dan kebutuhan juga menjadi berubah. Keterampilan yang dimilikipun mau tidak mau harus di dorong menyesuaikan zaman, jika tidak akan tersisih dengan sendirinya. Seorang inovator masa kini, Jack Ma dalam public speechnya menyatakan bahwa “if you think like a machine, you will got problem”, maksudnya adalah jika kamu tidak memiliki fikiran yang dinamis maka bersiplah untuk mendapatkan masalah. Sekaligus dengan advicenya untuk generasi muda “define yourself, make enough mistakes. If you fall, stand up, fall, stand up, fall, stand up again and again. Then enjoy the show because thats the wonderful revenue for you”.

Semua orang sukses bersepakat mendefinisikan kesuksesan sebagai sebuah tempat yang berbeda dari tempat sebelumnya. Salahsatu contohnya adalah Bob Sadino, ia merupakan seorang pengusaha telur ayam yang memiliki brand Kem-Chick. Perusahaan tersebut memberikan pasokan telur kepada department store yang tersebar luas di Indonesia. Eit jangan terkagum dulu, Bob Sadino juga pernah mengalami kegagalan dalam membangun usahanya, usaha pertamanya adalah bisnis penyewaan mobil. Mobil yang digunakan untuk bisnis tersebut adalah mobil Mercedes, dalam perjalanan bisnisnya Ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya harus menjadi pekerja buruh bangunan yang di bayar harian.

Namun hal tersebut tak menjadikannya jera dalam menjalani usahanya. Saat dirinya terjatun, ia mulai bangkit dan merencanakan usaha baru yaitu ternak ayam. Berawal dari dana pinjaman dari tetangganya, BS mengusahakan bisnis yang barunya dengan keras dan ulet, telur-telur hasil peternakannya dijajakan oleh dirinya sendiri kepada orang-orang disekitar rumahnya. Hal tersebut berbuah manis sampai pada titik maksimal yaitu pemasok supermarket. Meskipun keadaannya sudah kembali baik malah melebihi keadaan sebelumnya, BS tetaplah memiliki pribadi yang ramah dan santun.

Masih ada banyak pengusaha, pembisnis dan profesi-profesi lain yang tanpa disadari memiliki pola yang sama. Orang-orang tersebut dapat berdiri saat terjatuh dan kembali berdiri dari apapun yang menjadikannya terhenti. Ada Reza Nurhilman, pengusaha keripik singkong yang sempat fenomenal di tahun 2010, brand “Mak Icih”. Keuntungannya mencapai 7M dalam sebulan. Selanjutnya ada Sunny Kamingmau yang suskses mengekspor tas kulit yang bermerek “Robita”, barang ini sempat menjadi promadona di negara sakura Jepang. Lalu ada Gibran Rakabuming, putra dari Presiden Indonesia Joko Widodo. Ia membangun perusahaan cateringnya dengan keringatnya sendiri, mencoba mencari pinjaman ke beberapa bank yang dalam kenyataannya lebih banyak di tolak sampai pada salahsatu bank mengizinkannya untuk meminjam. Perjuangannya belum selasai, cateringnya di mulai dari partai kecil hingga kini sudah masuk ke partai besar yang tamunya dapat mencapai ribuan.

Dari semua cerita di atas, yang ingin di lihat dari orang-orang sukses diatas adalah bagaimana mereka dapat mencapai titik tersebut. Sekilas sudah di ulas bahwa salahsatu resep dari keberhasilan mereka adalah tetap berdiri saat terjatuh menghampirinya. Tetap maju meski rintangan menghentikannya. Namun bagaimanapun juga, hanya memiliki keyakinan saja tidak dapat mengantarkan seseorang pada titik yang diharapkan. Sangat penting bagi fighter untuk memiliki resep yang lebih detail dan terukur supaya langkahnya lebih terkontrol.  Mari kita lihat prinsip yang selalu di pegang oleh milyader Jack Ma, Founder dari Alibaba Group. Ada sekitar 10 point prinsip yang ditanamkan JM baik untuk dirinya ataupun untuk perusahaannya.

Point pertama adalah learn from the mistakes of other. Ada yang bilang bahwa cara yang paling tepat untuk memotong waktu keberhasilan adalah dengan melihat pengalaman orang lain, maka dari itu belajar dari kesalahan orang lain menjadi salahsatu cara untuk menghemat waktu agar tidak melakukan hal yang sama, yang dapat dipastikan memakan waktu yang cukup banyak untuk menstabilkan permasalahannya. So think smart. Point kedua adalah focus on quality not size, sebuah keluarga kecil belum tentu tidak lebih bahagia dari keluarga besar. Forum kecil belum tentu tidak lebih efektif daripada forum yang besar. Maka dari itu, memprioritaskan kualitas akan memberikan porsi yang sama baik itu berada dalam skala kecil ataupun skala yang lebih besar. Selanjutnya yang ke tiga adalah be the first. Jadilah yang pertama. Disadari atau tidak orang-orang yang masih terdengar namanya hingga hari ini adalah mereka yang memiliki inovasi pertama dan berani memperjuangkan karyanya sebagai sesuatu yang berharga serta dibutuhkan oleh khalayak banyak.

Selanjutnya yang ke empat adalah prepare for the future. Hal yang paling penting dalam mempersiapkan masa depan adalah mempersiapkan. Sesuatu yang dipersiapkan dengan yang tidak dipersiapkan akan memiliki hasil yang berbeda, perfoma yang baik akan memberikan pengaruh yang positif terhadap sesuatu. Selanjutnya adalah yang ke lima, respect your competitors. If you death they will win, if they death then we win. Semangat untuk tetap bertahan dan menjadi pemenang bukan alasan untuk tidak menghormati dan menghargai kompetitor, mereka dapat menjadi guru yang tepat dalam beberapa strategi atau dapan memberikan gambaran keberhasilan yang sudah diraihnya. Hal yang tepat bagi mereka yang sudah memberikan kontribusi terhadap pembelajaran tak langsung tersebut adalah menghargai dan menghormatinya.

See challanges as apportunities adalah point selanjutnya yang ke enam. Orang sukses memiliki kemampuan untuk melihat sebuah tantangan menjadi sebuah kesempatan. Anak muda yang masih mencari tujuan hidupnya akan lebih banyak mengeluh daripada melakukan sesuatu, namun akan berbeda dengan mereka sudah memiliki tujuan yang ajeg. Keinginan dan mimpinya sudah jelas tergambar ke dalam rencana yang harus ia kejar. Anak muda tersebut akan melakukan lebih banyak karya untuk dapat merealisasikan mimpinya tersebut. Believe adalah bagian ke tujuh dimana memiliki keyakinan terhadap apa yang dilakukannya akan menetapkan dia sebagai orang yang konsisten dan kuat terhadap tujuan yang sedang dibangun dan diperjuangkan.

Saling menghormati, menolong, mengingatkan, berfikir positif dan hal-hal baik lainnya akan memberikan pengaruh luarbiasa terhadap proses yang sedang dijalankan. Sebagai contoh kantor Google yang cukup terkenal dengan kenyamanan fasilitasnya terbukti dapat mengantarkan Google Search Engine sebagai search engine teratas yang digunakan world citizenship. Para karyawannya membuat sesuatu yang membahagiakan dengan perasaan bahagia sehingga menghasilkan sesuatu yang membahagiakan juga. Surround yourself greatness menjadi bagian ke delapan. Live healthy dan have fun menjadi 2 point penutup dari 10 prinsip yang dipaparkan di atas. Bagaimanapun juga, menjadi sukses ataupun menjadi apa yang diinginkan ujungnya adalah untuk menemukan kebahagiaan dan kenyamanan, keduanya tidak akan bisa dinikmati jika sakit. Maka dari itu, manjadi sehat merupakan proses yang sama pentingnya dengan point-point yang disebutkan sebelumnya.

Masing-masing individu bisa diyakinkan memiliki cara sendiri dalam menjalankan proses keberhasilannya, tidak perlu sama. Menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang diinginkan. Hal yang perlu dilakukan adalah konsistensi untuk tetap pada garis yang direncanakan di awal. Mendapatkan tantangan hingga merubah strategi merupakan hal yang sangat lazim di lakukan selama masih tetap “berdiri”. Kebanyakan dari mereka yang sudah di anggap sukses oleh khalayak ternyata memiliki sesuatu yang menempel pada dirinya baik dalam kondisi belum sukses ataupun sudah sukses. Sebagai contoh salahsatu vlogger kontroversial yang memiliki citra publik yang tidak baik, ia sudah berhasil memiliki sesuatu yang orang lain seusianya impikan. Finansial, popularitas, lingkungan bahkan perusahaan. Satu waktu mendapatkan musibah yang cukup besar sehingga mengganggu stabilitas kehidupannya. Namun karena dia memiliki value dasar yang baik di dapat dari keluarganya menjadi imun yang tepat dalam menghadapi permasalahan yang menimpanya. Kejadian tersebut memberikan pelajaran bagi siapapun, bahwa perubahan sosial ataupun status yang di dapat tidak akan merubah siapa diri dia yang sebenarnya. In the end, citra negatif yang menempel pada dirinya berbalik positif saat orang tersebut menampilkan sikap positif terhadap masalah yang menimpanya. So, having life value save you from even the worse condition.

Kesimpulannya, kesuksesan adalah hasil dari kedisiplinan yang ditanamkan di dalam masing-masing diri. Ia akan menjadi sesuatu yang berharga dan berhak untuk dipertahankan saat proses dan goalnya sudah sesuai dengan value kehidupan sebagaimana mestinya. Sebagai muslim, menjadikan Perintah Alloh sebagai standar life value tidak hanya memberikan kesuksesan dunia namun juga akhirat. Barang siapa yang hidupnya untuk kehidupan akhirat maka ia akan mendapatkan kehidupan dunia dengan baik.

 

Ref daring

https://www.youtube.com/watch?v=JrsIhrv0nxQ&t=775s di akses pada tanggal 28 Oktober 2018.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *