kebersamaan

Menumbuhkan Semangat Kebersamaan Dan Kekompakan Kelas

Melalui permainan

Oleh Hilda, M.Psi

Memberikan layanan klasikal dengan menggunakan metode games sebagai media refleksi dinamika kelompok di situasi milenial ini sangat dibutuhkan. Layanan klasikal yang diberikan bertema Menumbuhkan Semangat Kebersamaan dan Kekompakan Kelas. Layanan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan meningkatkan kerjasama kelompok, dalam hal ini adalah kekompakan anggota kelas. Makan, BK untuk santriwati SMA di pesantren ‘Aisyiyah Boarding School memberikan Layanan tersebut diberikan pada kelas I, II dan III di pesantren  SMA ‘Aisyiyah Boarding School. Harapannya mereka bisa menarik simpulan  positif yang bisa diaplikasi kedalam kehidupan nyata sekari-hari.

Games atau permainan yang dilakukan merupakan permainan yang dilakukan secara kelompok, terdiri dari 3-8 orang. Permainan yang dilakukan terdiri dari dua sesi permainan. Sesi pertama adalah game kelompok yang bertujuan untuk menumbuhkan kebersamaan dan  strategi kelompok dalam menyelesaikan masalah. Sesi kedua adalah game yang terdiri dari beberapa tahapan yang dirangkai menjadi rangkaian permainan (estafet game). Kelompok yang dapat menyelesaikan permainan dalam waktu yang paling cepat adalah pemenangnya. Tujuan dari sesi kedua ini adalah menciptakan semangat kebersamaan, menumbuhkan sikap saling memberi dukungan dan memberikan semangat kepada teman, saling memahami kondisi teman dan bekerjasama untuk mencapai tujuan.

Sesi I

Games XOXO

  • Tujuan : menumbuhkan kebersamaan dan strategi kelompok dalam menyelesaikan masalah
  • Cara bermain : Siswi dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok X dan kelompok O. Masing masing kelompok akan berkompetisi untuk secepatnya membentuk formasi XXX atau OOO. Formasi dapat berbentuk horizontal, vertikal, diagonal. Permainan dilakukan secara bergiliran. Setiap anggota perlu memikirkan strategi dan saling berkomunikasi dengan tim nya untuk berkesinambungan membentuk formasi tersebut.

Material : 9 buah kursi yang disusun sebanyak 3 baris.

Sesi II

Estafet Games

  • Tujuan: menciptakan semangat kebersamaan, menumbuhkan sikap saling memberi dukungan dan memberikan semangat kepada teman, saling memahami kondisi teman dan bekerjasama untuk mencapai tujuan.
  • Cara bermain : Siswi dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap anggota kelompok akan memainkan satu set permaian. Apabila satu anggota kelompok telah selesai memainkan satu set permainan, maka akan dilanjutkan oleh anggota kelompok selanjutnya, demikian sampai semua anggota kelompok memainkan set permainan tersebut. Terakhir, adalah permainan sondah raksasa, yang dimainkan bersama-sama satu kelompok. Kelompok yang berhasil menyelesaikan estafet games ini dalam waktu yang laing singkat adalah pemenangnya.
  • Rangkaian permainan dalam Estafet Games:
  • Skipping 10 kali nonstop
  • Memasukkan bola kertas ke dalam ember
  • Memasukkan pensil ke dalam botol
  • Menuang air ke gelas teman
  • Memasukkan balon ke wadah
  • Estafet sarung
  • Sondah Raksasa
  • Material:
  • Skipping 10 kali nonstop -> 1 buah tali skipping
  • Memasukkan bola kertas ke dalam ember -> 10 buah bola kertas, 1 buah ember/kaleng bekas biskuit
  • Memasukkan pensil ke dalam botol -> satu buah pensil, tali rafia 1.5 m, botol kaca besar
  • Menuang air pada gelas kosong teman -> 4 buah gelas plastik, 1 buah botol air, 1 buah ember
  • Memasukkan balon ke wadah -> 4 buah balon, buah kursi warung yang dibalikkan
  • Estafet sarung -> satu buah sarung
  • Sondah Raksasa -> kapur tulis untuk menggambar garis untuk bermain sondah, satu buah sandal sebagai pengganti batu / pecahan genteng.

Terlihat para santriwati antusis mengikuti kegiatan tersebut. Di Tiap akhir sesi mereka diberi kesempatan untuk memberikan refleksi dan feed back perihal layanan berbasis game. Mereka dipersilahkan untuk mengisi jurnal kegiatan dan mempersiapkan RTL yang mengarah ke bentuk outcome kegiatan ini untuk kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun di luar pesantren.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *