‘Aisyiyah Boarding School Bandung Siap “Implementasi Kurikulum Merdeka”

Menghadapi tahun ajaran baru, Aisyiyah Boarding School Bandung mulai merumuskan dan mempersiapkan kurikulum pembelajaran tahun ajaran baru. Mengingat begitu sulitnya situasi pembelajaran pada masa pandemi dan dampaknya kepada peserta didik, dan dengan diluncurkannya kurikulum merdeka oleh kemendikbudristek sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024. Aisyiyah Boarding School Bandung menyambut dan mencoba mengimplementasikannya secara bertahap di jenjang SMP kelas 7.

Berbagai studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran yang cukup lama. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar.  Ditambah situasi pandemi Covid-19 yang telah mengubah cara belajar menjadi daring (Online) dengan berbagai tantangannya.

Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan dan interaktif. Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memberi ruang seluas-luasnya bagi peserta didik dan guru dalam berkreasi dan mengembangkan kompetensinya.

Seiring dengan visi ABS dan arah kebijakan program Aisyiyah Jawa Barat di bidang pendidikan untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul dan berkemajuan. ‘Aisyiyah Boarding School Bandung melaksanakan Diseminasi Kurikulum Merdeka Belajar selama dua hari yang diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan. Diseminasi ini merupakan hasil dari pelatihan Kurikulum Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung dan diikuti 9 orang perwakilan dari ABS.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kampus 1 ABS Rancagoong selama 2 hari 11-12 Mei 2022, kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan ABS. Fasilitator dan pemateri adalah guru ABS yang telah mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka. Selama 2 hari peserta memperoleh materi terkait implementasi kurikulum merdeka serta praktik pembuatan CP, TP, ATP hingga Modul Ajar. Kemudian mendiskusikan Bagaimana menyusun pedoman penyelenggaraan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan satuan pendidikan di Aisyiyah Boarding School Bandung.

__________