Apresiasi & Prestasi

Bandung, Sabtu 15 Desember 2018 08.00-10.00 bertempat di Auditorium ABS Bandung para orang tua dari santriwati SMP ABS Bandung tampak antusias mengikuti sesi parenting dengan tema “apresiasi dan support atas usaha anak”Parenting kali ini adalah parenting penutup dari rangkaian parenting yang rutin dilakukan di pondok ini di semester gasal pertiap 2 Bulan. Pada sesi ini pemateri Tia Setiawai, M.kep menjelaskan tentang 3 siklus transisi yang pasti akan terjadi pada fase demi fase perkembangan anak; Trasisi Biologis, Transisi Kognitif dan Transisi Sosial.

Di jabarkan bahwa ada beberapa orang tua yang karena terlalau rutin atau mengkalim sudah sangat mengenal berinteraksi dengan anak melupakan sisi-sisi proses sunnatullaah transisi in. Anak itu akan mengalami transisi yang menyebabkan lahirnya sifat dan sikap baru yang kadang terliihat aneh! Bertentangan dengan harapan orang tua, padahal ada beberapa proses yang mestinya orang tua faham dan tidak panik. Misalnya ada penurunan prestasi karena karakter barunya tersebut atau mulai beda pandangan dengan orang tua dan lebih mendahulukan profil teman seusianya, atau idola pengaruh medsos dari pada ayah-ibunya sendiri.

Maka, suport  dan kedekatan orang tua terhadap proses transisi ini harus direncanakan –dikurikulumkan- baik mulai fase balita, remaja, dewasa. Mengutip surat Luqman ayat 13-19 dimana dalam ayat tersebut dijabarkan dengan jelas fungsi dan posisi antara pendidik dan yang mendidik serta konten prioritas yang harus dikedepankan. Menurut pemateri, penelitian 10 tahun terakhir menunjukkan suport orang tua atau Wali murid menyumbang persentase terbesar bagi kemajuan fase perkembangan kedewassan serta prestasi anak.

Semakin sering orang tua mengapresiasi dan mensuport ide baru anak maka semakin dewasa dan berlaku sebaliknya. Tentu, hal tersebut  dengan proses  dialog meluruskan secara bijak jika keingiannya itu mulai tidak terarah. Suport tersebut mengalahkan faktor lainnya seperti kelengkapan fasilitas belajar, kurikulum, dan dukungan dana. parenting kali ini dimeriahkn oleh tampilan Nasyid santriwati serta pemberian beberapa penghargaan kepada 11 santriwati SMP ABS yang terkategori santriwati yang terkonsisten istiqomah dalam pembiasaan positif dan santriwati terprogres dalam pembiasaan postitif baik diporos mesjid, kelas, asrama, ruang makan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *