Focus Group Discussion bersama Peace Generation

Selepas shalat Ashar santriwati Aisyiyah Boarding School Bandung (ABS) berkumpul di aula portable Goong 7, sore itu khususnya santriwati jenjang SMA akan melaksanakan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) bersama fasilitator dari Peace Generation (Peacegen). FGD ini sangat menarik dengan mengangkat tema-tema keseharian santriwati sebagai pelajar dan remaja yang sedang tumbuh. Tema-tema tersebut meliputi Gaya hidup dan prilaku di media sosial, Identitas dan literasi, dan Critical Thinking. Materi-materi diatas menjadi suplement yang baik untuk proses pengembangan kecakapan abad 21 yang menjadi semangat belajar di ABS. Peace generation adalah salah satu mitra ABS yang bergerak mempromosikan perdamaian.

Peace Generation telah berkiprah dalam mempromosikan perdamaian melalui media kreatif selama 12 tahun, fokus pada tiga trek berbeda termasuk pengembangan media, pelatihan, dan aktivasi. Secara aktif, Peacegen membuat game, modul, video, dan grafik untuk menyebarkan pesan perdamaian bagi anak muda.
Organisasi ini dimulai pada 2007 di Aceh. Hingga sekarang, banyak pihak di seluruh Indonesia yang merasakan manfaat dari kehadiran Peacegen, dan beberapa wilayah di Malaysia, Filipina, serta Thailand.

Untuk meningkatkan konten pembelajaran perdamaian di kalangan anak muda, Peacegen  percaya bahwa berdiskusi dengan kelompok ini sangat penting. Dengan demikian, FGD ini akan mengkonfirmasi persepsi peacegen dan menangkap perspektif baru yang terjadi di kalangan kaum muda.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk

  • Menggali informasi dan menyusun konten (artikel dan mini-lesson) yang relevan
  • Mendengarkan pendapat siswa tentang permasalahan yang terjadi di kalangan mereka (gaya hidup, perilaku di media sosial, identitas, literasi, dan berpikir kritis)
  • Menggali apa yang dibutuhkan oleh siswa saat
previous arrow
next arrow
Slider
___
Editor : Adi adei

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *