Kegiatan Tasmi’, Tahfidz dan Tafsir juz 30 Pengajar Pesantren ABS

Oleh: Uci Tarmana, S.Pd

Kegiatan Tasmi’,  Tahfidz, dan Tafsir Al Quran (3T) merupakan kegiatan mendengarkan bacaan dan penafsiran singkat isi kandungan al-Quran juz 30 oleh Dewan ustadz ‘Aisyiyah Boarding School Bandung (ABS),  yang kemudian disimak dan dikoreksi dalam pelaksanaannya apabila terdapat kesalahan dalam mebaca dan menafsirkan ayat.

Kegiatan ini dialksanakan secara perdana di pesantren ABS Bandung, pada hari Jum’at 05 Februari Bukul 20.00-22.30 WIB. Bertempat di Masjid Pesantren ABS Bandung dan disimak oleh seluruh staff pesantren secara daring menggunakan zoom.

Penanggung Jawab Program ini adalah Mudir Pesantren dan dilaksanakan oleh seluruh pengajar Dirasah Islamiyah pesantren ABS yang bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas  pengajar pesantren dalam kualitas bacaan, hafalan dan penafsiran al-Qur’an
  2. Membudayakan Tasmi’, Tahfidz danTafsir di pesantren ABS Bandung
  3. Meningkatkan kedekatan dan kecintaan kita terhadap al-Qur’an

Pada pelaksanaanya seluruh peserta dituntut untuk dapat melantunkan seluruh hafalan qur’an Juz 30, berikut tafsir singkat isi kandungan ayatnya. Dengan bacaan yang benar dan penafsiran secara singkat berkaitan dengan intisarinya saja, setiap peserta tasmi’ mebacakan dan menafsirkan secara bergiliran.

Penyimak pun dipersilakan untuk berpartisipasi membacakan atau menafsirkan ayat yang dibaca oleh peserta. Seluruh  peserta tasmi’ begitu antusias mengikuti kegiatan yang tampak dari kesunguhan mereka saat proses mempersiapkan hafalan dan tafsir. Kemudian menunggu giliran tampil dan bersungguh-sungguh dalam melantunkan hafalannya di hadapan semua staff ABS Bandung

Program ini dilaksanakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas hafalan dan pemahan tafsir para asaatidz ABS. Dengan cara  diuji dan dievaluasi kualitas serta kuantitas hafalanya, dengan harapan memotivasi seluruh staff ABS termasuk santriwati dalam menghafal dan memahami al-Qur’an.

__________