Mengenalkan Wirausaha Kreatif melalui Market Day

Pagi itu ada yang masih malu-malu untuk menawarkan barang dagangannya kepada pengunjung CFD Buah Batu, ada yang mulai mengambil Inisiatif menghampiri orang-orang dan menawarkan produknya. Santriwati membuat olahan makanan untuk bisa dijual di CFD pada minggu pagi, mempersiapkannya sejak sehari sebelumnya bahkan beberapa hari sebelumnya mereka harus menentukan produk apa yang bisa dijual, berapa rupiah modal yang harus disiapkan hingga bagaimana menjualnya kepada konsumen.

Kreatifitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru

dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang 

Kegiatan ini adalah bagian dari program Market Day, kegiatan untuk mengenalkan wirausaha kreatif kepada santriwati ABS. kegiatan ini meliputi bagaimana mengelola suatu produk hingga menghasilkan keuntungan dan  membuat produk-produk tersebut menjadi lebih menarik baik dari segi penyajian, kemasan hingga rasanya. Upaya ini dilakukan oleh santriwati jenjang SMA kelas 4 dan 5, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. Sebelum turun ke lapangan, santriwati mendapatkan pelatihan singkat mengenai kewirausahaan yang diisi oleh pemateri dari komunitas kewirausahaan. Kemudian santriwati harus menyiapkan segala sesuatunya mulai dari membeli bahan baku, proses produksi hingga proses menjualnya. Sejak awal kegiatan ini diarahkan untuk mengenalkan wirausaha kreatif dan pembelajaran berbasiskan pengalaman. Wirausaha secara umum kita pahami sebagai kegiatan usaha secara mandiri dengan mengerahkan segala potensi dan kemampuan mengolah produk menjadi bernilai dan mendatangkan keuntungan. Kreatifitas adalah kemampuan yang turut melengkapi dengan menghasilkan ide-ide baru juga cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang.

Melalui market day ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi santriwati turut merasakan bagaimana mengelola suatu kegiatan usaha. Meskipun produknya hanya laku sedikit hingga orang yang membeli karena merasa “kasihan”, apapun itu semua adalah pengalaman berharga. Bisa jadi dikemudian hari santriwati akan lebih matang lagi dan kuat mental untuk masuk ke dunia wirausaha kreatif. Singkat kata kegiatan ini tidak  menjadikan “Kapok”, hari ini belum berhasil dikemudian hari peluang untuk berhasil akan lebih terbuka. Untuk melaksanakan kegiatan market day santriwati di “pinjami” modal sebesar Rp 200.000,00 kemudian modal tersebut harus dikembalikan dan keuntungannya dibagi bersama anggota kelompoknya. Kelompok 4 yang membuat “Coz We Young” macaroni goreng keluar menjadi juara dengan memperoleh keuntungan paling besar diantara kelompok lainnya.

Ada beberapa kecakapan yang bisa santriwati dapatkan melalui kegiatan market day ini, seperti kecakapan untuk bisa menghitung harga pokok produksi, harga jual sehingga ditemukan keperluan modal untuk memproduksi. Selain kecakapan menghitung, santriwati juga belajar mengenai manajemen yaitu pembagian tugas dalam kelompok untuk memperoleh keuntungan penjualan. Siapa yang menjadi tim produksi, tim penjualan dan sebagainya. Selain manajemen santriwati juga belajar komunikasi, bagaimana komunikasi yang dirancang sedemikian rupa sehingga orang tertarik untuk membeli produknya. Selain kecakapan diatas santriwati pun dilatih untuk memiliki mental keluar dari zona nyamannya, memiliki keberanian, pantang menyerah, teliti dan masih  banyak lagi.

Demikianlah sekilas kegiatan market day yang secara rutin menjadi program Aisyiyah Boarding School Bandung, dan diikuti oleh santriwati mulai jenjang SMP hingga SMA. Meskipun belum menunjukan hasil penjualan yang maksimal, kita semu mendapatkan yang lebih dari sekedar keuntungan penjualan yaitu pengalamannya.

 

    2 Comments

  1. Hilda
    22 February 2019
    Reply

    Pengalaman belajar yang sangat berharga. Belajar tidak melulu di kelas. Memberikan pelajaran mengenai perencanaan hingga aksi dan evaluasi. Juga mengajarkan bahwa mencari uang bukan hal mudah, semoga santriwati mendapat hikmah dan menjadi semakin bijak dalam mengelola dan membelanjakan uang. Selain itu, mengenal profesi entrepreneur yang juga tak kalah menarik dari profesi lainnya. Bravo!

    • AdminAbs
      25 February 2019
      Reply

      terimakasih kakak

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *