Menuju Pesantren Sehat, Santriwati Mengikuti Pelatihan Kader Kesehatan

 

Ditulis oleh: Irhamni Istiqomah

Alhamdulillah, dengan penuh rasa syukur Pesantren Aisyiyah Boarding School Bandung kembali mengadakan tindak lanjut program Pesantren Sehat, yakni dengan Pelatihan P3K dan Pemberian Tablet Tambah Darah. Pelatihan disampaikan secara teori dan praktik skills supaya santri dapat lebih mudah untuk memahaminya. Dalam rangka meningkatkan literasi kesehatan dan pelayanan kesehatan secara komprehensif Pesantren Aisyiyah Boarding School telah melakukan upaya Pesantren Sehat guna mendukung salah satu program prioritas Kemenkes pada tahun 2019.

Bekerjasama dengan tim UKS, puskesmas, guru, pembina, dan santri kader kesehatan, Pesantren mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus 2 Aisyiyah Boarding School Baleendah , Kabupaten Bandung. Program pelatihan P3K dan Pemberian Tablet Tambah darah dilakukan pada hari Jumat, 27 Mei 2022.

Kegiatan pelatihan dan peningkatan skills ini difasilitasi oleh Tim Usaha Kesehatan Sekolah, Puskesmas Gumuruh, dan dibantu oleh santri Kader Kesehatan SMA yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Diikuti oleh peserta seluruh santri kelas IV dan V SMA.

Santri menyambut antusias kegiatan pesantren sehat yang sebelumnya telah rutin diadakan. Kali ini tidak hanya kader kesehatan yang ikut dalam pembinaan kesehatan, melainkan diikuti oleh seluruh santri. Selama pelatihan santri memperoleh banyak pengetahuan terkait dengan penanganan pertama pada kecelakaan, selain itu santri juga dapat secara langsung mempelajari contoh kasus yang telah fasilitator sediakan dan mempraktikkannya. Diakhir pelatihan, fasilitator memberikan tips singkat unuk mencegah anemia pada usia remaja dan pemenuhan gizi seimbang, serta pembagian suplemen tambah darah kepada seluruh peserta.

__________