Outing Class Virtual ke Museum Geologi

Oleh : Adi Firmansyah

‘Aisyiyah Boarding School merancang program Outing Class yang terintegrasi dengan kurikulum pembelajaran. Aktivitas kegiatan ini sangat terbuka menggunakan berbagai model pembelajaran secara kreatif, seperti model Design For Change, Problem Based Learning dan masih banyak lagi. Selain itu pula Outing Class membawa suasana berbeda dalam aktivitas belajar santriwati ABS. Karena belajar tidak harus selalu di dalam ruangan kelas yang monoton sehinga membuat mudah bosan.

Program Outing class merupakan salah satu program yang paling diminati oleh santriwati ‘Aisyiyah Boarding School Bandung. Dengan Outing class, santriwati diajak untuk berpikir kreatif, mendapatkan pengalaman baru, serta dapat melihat dan mengetahui masalah secara langsung. Keseruan dalam kegiatan Outing class adalah siswa dapat belajar sambil bermain sehingga tidak menimbulkan rasa bosan bagi mereka. Manfaat dari kegiatan Outing class antara lain meningkatkan keterampilan sosial, menambah wawasan baru, dan kemampuan beradaptasi.

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid 19, ‘Aisyiyah Boarding School Bandung tetap bisa melaksanakan kegiatan ini Outing Class dan berkolaborasi dengan Museum Geologi Bandung yang mengadakan program Collection Talk. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring/ virtual di Museum Geologi Bandung menggunakan aplikasi zoom, pada hari rabu, 24 Februari 2021 mulai Pkl. 09.00-10.30 WIB.

Aisyiyah Boarding School Bandung membentuk fasilitator kegiatan dari satuan pendidikan SMP dan SMA. Kemudian tim fasilitator ini membuat rancangan kegiatan dan berkolaborasi dengan Fasilitator Virtual Tour Museum Geologi Bandung. Santriwati kelas 1,2, 4, dan 5 menjadi peserta kegiatan. Mengajak santriwati ABS berpetualang menelusuri informasi koleksi museum dengan cara berbeda. Museum ini memiliki 417.882 koleksi yang terbagi atas 4 kategori, yakni geologi Indonesia, sejarah Indonesia, sumber daya geologi serta manfaat, dan bencana geologi. Berikut testimoni perwakilan santriwati selesai mengikuti kegiatan :

Seneng banget bisa ngikutin pelajaran outing barusan , karena udah lumayan bosen belajar nya di dalem terus dan sekarang di luar gitu jadi seneng bangett . banyak juga yang dipelajari seperti pembentukan bumi , batu batu dari luar angkasa , terbentuknya kepulauan Indonesia , dan masih banyak lagi . kakak mentor nya juga jelasin nya enak banget ga bikin bosen dan ga bikin ngantuk , cuman tadi jaringannya agak hambat sedikit . outing nya seru deh pokoknya walau secara online gini , apalagi secara offline pasti seru bangett.
_Raisa Adli
Materinya juga seru banget, banyak yang aku belum tau jadi dapet ilmu yang banyak. Alhamdulillah materinya gampang dicerna. Intinya seneng banget walaupun virtual tapi semoga di outing selanjutnya corona sudah hilang sehingga bisa secara langsung kesana. Terima kasih buat kakak-kakak fasilitator
_Harika
Seru bangett dan menyenangkan. kakak pembimbing dari museum nya juga baik, ramah, penjelasannya mudah dimengerti, pokonya seruu. Banyak materi baru dan pengetahuan baru juga yang saya dapat, membuat saya jadi lebih tertarik untuk datang langsung ke museum nya.
_Ayesha
____________________