Pembangunan Pendidikan

Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy, MAP Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berkesempatan hadir dan menyampaikan sambutannya pada acara Muyawarah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat Tahun 2019. Acara ini dihadiri pimpinan Muhammadiyah Jawa Barat, pimpinan Aisyiyah Jawa Barat, pimpinan daerah Muhammadiyah se-Jawa Barat, serta para rektor atau ketua perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah. Musypimwil kali ini akan membahas program-program keumatan di Jawa Barat. Sekretaris LPPM [Pengembangan Pesantren Muhammadiyah Jawa Barat] yang juga diamanahi sebagai Mudir Pesantren Aisyiyah Boarding School Bandung, Dede Kurniawan, S.TH.I berkesempatan hadir pula dan mencatat beberapa hal yang disampaikan oleh Prof. Dr. Muhajir Effendy.

 

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan pendidikan di Indonesia serta peran serta Muhammadiyah.

1. Tuntutan pendidikan berkualitas mengharuskan biaya.  jadi tidak ada istilah sekolah mahal jika terkelola dgn sistem dan sdm yg terbaik. Sementara itu sekolah gratis banyak ditangani oleh pemerintah.

2. Aturan terbaru : Linieritas pendidik itu bagus, namun pada perkembangannya guru dalam lingkungan kementerian pendidikan dituntut untuk mempunyai kompetensi multitasking antar kompetensi serumpun, sehingga kebutuhan kuantitas dan kualitas guru dapat terpenuhi (bahasa, ipa, sosial, dll).

3. Akhlak organisasi muhammadiyah yg menjadikan muhammadiyah superholding karena SDM-nya bekerja bukan sekedar untuk pribadi tetapi juga untuk kepentingan umat dan aset organisasi adalah milik organisasi (umat) bukan individu.

4. Kebangkitan Islam dimungkinkan dari Indonesia, karena tidak mudah dipecah belah dan muhammadiyah khususnya menjadi salah satu dari peyumbang faktor terbesar dengan faham wasathiyahnya [moderat] tidak seperti  beberapa kasus yang terjadi hari ini timur Tengah yang kecenderungan mudah terpecah belah.

Semoga ini menjadi nutrisi penyemangat kita membangun pendidikan berwawasan kemajuan dan masa depan di Indonesia. Peradaban yang besar akan bermula dari bagaiamana sistem pendidikan menjadi pondasinya,.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *