SPMI

DISKUSI PANEL “Evaluasi Mutu Dokumen KBM

BANDUNG, pada hari senin, tanggal tiga Desember 2018, bertempat di Ruang Kelas 3 B, pada pukul 13.00 – 15.00 WIB, Tim Standar Penjaminan Mutu Internal (SMPI) ‘Aisyiyah Boarding School Bandung melakukan kegiatan Diskusi Panel tentang Peningkatan Mutu Dokumen. Salah satu tema yang dibahas adalah evaluasi implementasi KBM yang telah diputuskan sebelumnya di awal tahun ajaran baru. Dokumen yang diserahkan oleh tiap guru yang telah dianalisa tim SPMI  berdasarkan tiga pendekatan : kompleksitas, daya dukung dan juga intake siswa. Selanjutnya diberi masukan demi masukan untuk kedepannya.

Selanjutnya, dievaluasi pula implementasi kisi-kisi soal dari semua data base soal yang telah diserahkan tim Guru apakah sudah sesuai dengan  bloom’s taksonomy dan juga kata kerja efektif yang ada pada bloom’s taksonomi. Tiap soal yang yang telah diterima TIM SPMI tersebut kemudian secara sample diteliti dari beberapa tipe butir soal, diantaranya; konspetual, factual, procedural, dan metacognitive. Analisis butir soal. Analisis butir soal ditinjau menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh tim SPMI, meliputi ; Soal Pilihan Ganda dan soal Uraian.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru ‘Aisyiyah Boarding School Bandung dan  dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu di awal tahun ajaran baru semester ganjil dan jelang awal semester genap. Harapan dari kegiatan ini tiap guru bisa saling memberikan masukan dari kumpulan soal yang mereka punyai sehingga tiap waktu update dengan kebutuhan tim penjaminan mutu dan konstekstual dengan keadaan siswa dari waktu kewaktu.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *