Se-Greget apa Lalu Lintas di Kota Bandung ?

Sebagai warga negara Indonesia, kita diharuskan menaati peraturan dan norma sesuai hukum yang berlaku. Hal ini dikandung maksud bukan untuk mengekang atau membatasi warga dalam beraktivitas namun untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tertib. Selain itu hak-hak kita sebagai warga akan turut terjaga, termasuk hak-hak orang lain. Apabila peraturan mulai diabaikan, banyak dilanggar maka kita akan terkena akibatnya baik itu konsekuensi hukum juga konsekuensi lainnya.

Untuk belajar mengenai bagaimana peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat itu dijalankan dengan sebaik-baiknya, Santriwati Aisyiyah Boarding School Bandung belajar di ATCS Kota Bandung. Secara real time santriwati akan mengamati bagaimana prilaku warga melalui fasilitas CCTV, terutama dalam hal ketertiban berlalu lintas. Setelah mengamati santriwati diberikan kesempatan untuk memberikan himbauan langsung melalui perangkat khusus yang terhubung dengan pengeras suara yang terdapat di setiap lampu lalu lintas (Traffic Control).

ATCS adalah satu unit khusus dibawah Dinas Perhubungan Kota Bandung, unit ini memiliki perangkat canggih yang terkoneksi seperti CCTV dan lainnya. Masyarakat dapat mengakses informasi dari ATCS terkait kondisi lalu lintas secara real time selain itu masyarakat pun akan mendapat edukasi bagaimana menaati peraturan-peraturan lalu lintas sehingga warga bisa dengan aman dan nyaman selama berada di jalan. Tidak sedikit peristiwat kecelakaan lalu lintas disebabkan manusianya abai terhadap peraturan-peraturan yang berlaku hingga nyawa sebagai taruhannya dan selain itu juga bisa mencelakai orang lain. Di kota modern seperti Bandung sangat dirasakan sekali bagaimana manfaat dari ATCS ini, santriwati bisa belajar banyak dan menerapkan apa yang didapatkannya dalam aktivitas sehari-hari.

Setelah mengamati melalui CCTV yang tersebar di kota Bandung dan mendapati pelanggaran yang dilakukan warga pengendara motor di salah satu persimpanga jalan, santriwati berkesempatan memberikan himbauan langsung melalui perangkat audio yang tersedia dengan dibimbing oleh kakak  ATCS Kota Bandung. Para petugas disana sangat ramah dan terbuka bagi siapapun yang belajar mengenai pengaturan lalu lintas dan sebagainya. Fasilitas modern ini tentu saja menjadikan kota Bandung sebagai salah satu kota dengan tingkat kepedulian masyarakat yang tinggi terhadap pelaksanaan peraturan yang berlaku. Dan hal ini tentu saja terdapat dalam silabus pembelajaran sekolah, kami yakin bahwa model belajar seperti ini akan memperluas pengalaman serta wawasan santriwati selain tentu saja harapannya adalah untuk menumbuhkan kesadaran sebagai warga

 

previous arrow
next arrow
Slider

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *