Kabupaten Bandung – Kepengurusan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Dewan Pasukan dan Dewan Kerabat Qabilah Siti Baroroh Baried ‘Aisyiyah Boarding School Bandung resmi dilantik. Proses pelantikan kepengurusan baru bertajuk “Wujudkan Kader Pandu yang Cakap dan Berasaskan Islam” di Aula Siti Walidah ‘ABS Bandung, Kamis (09/05).

Dalam prosesi ini, sebanyak 10 anggota kepengurusan baru Dewan Pasukan Hizbul Wathan Qabilah Siti Baroroh Baried SMP ‘ABS Bandung Periode 2024-2025 dan sebanyak 12 anggota kepengurusan baru Dewan Kerabat Hizbul Wathan Qabilah Siti Baroroh Baried SMA ‘ABS Bandung Periode 2024-2025 dilantik oleh Wakil Mudir ‘ABS Bandung, Teguh Mulyadi, S.Sy secara bergantian.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, di antaranya Sekretaris Umum Kwartir Daerah Kota Bandung, Sobana, Wakil Mudir ‘ABS Bandung, Teguh Mulyadi, S.Sy, Sekretaris Umum Hizbul Wathan Dewan Qabilah Siti Baroroh Baried ‘ABS Bandung, Wiwin Widyawati, S.Ag yang juga mewakili Ketua Umum Dewan Qabilah Siti Baroroh Baried ‘ABS Bandung, Anggota Hizbul Wathan Dewan Qabilah Siti Baroroh Baried ‘ABS Bandung, Nurul Fitri, M.Pd, Pembina Hizbul Wathan Dewan Pasukan dan Dewan Kerabat Qabilah Siti Baroroh Baried ‘Aisyiyah Boarding School Bandung, Iqbal Maulana Sofyan, beberapa guru dan pembina ‘ABS Bandung.

Dalam sambutannya, Wakil Mudir ‘ABS Bandung, Teguh Mulyadi, S.Sy mengingatkan kepada para pengurus Hizbul Wathan untuk dapat menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya.

“Jika kita mampu menjalankan roda organisasi sesuai dengan ketentuan, sesuai dengan pedoman, aturan yang berlaku, serta kaidah yang ditetapkan oleh Hizbul Wathan artinya kita sudah mampu mempersiapkan diri secara amanah. Namun sebaliknya, jika tidak mampu mencerminkan semua hal yang terdapat dalam pedoman dan ketentuan justru sejatinya kita menunjukkan pengkhianatan dalam amanah tersebut. Namun, insyaAllah ketika dalam keadaan letih di tengah aktivitas pokok sebagai santriwati di pondok pesantren, jangan pernah merasa tidak ada sesuatu yang bermanfaat. Justru dipastikan semua akan mendapatkan manfaat, bahkan jauh lebih besar, sepanjang kita semua mampu menikmati amanah yang kita emban, apalagi mampu menunaikan amanah tersebut,” tegasnya kepada para hadirin.

Selanjutnya, Teguh mengungkapkan bahwa pengurus yang aktif di organisasi memiliki banyak peluang menebar manfaat  dalam ruang lingkup yang lebih luas.

“Fakta membuktikan bahwa orang yang memberikan kebermanfaatan di ruang lingkup secara luas bukan mereka yang mendapatkan nilai prestasi yang tinggi di sekolahnya, tetapi mereka yang ditempa proses berorganisasi di manapun mereka berada, para aktivis, para organisatoris, para pelajar yang disertai aktivitas organisasi di sekolahnya, justru merekalah yang dinilai mampu memberikan kebermanfaatan dalam ruang lingkup yang lebih luas. Oleh karena itu, kami mengucapkan banyak terima kasih atas perjuangan dan amanah yang telah ditunaikan oleh pengurus sebelumnya dan tentu harus disambut baik sebagai bagian dari tantangan dan amanah oleh pengurus selanjutnya,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Kwartir Daerah Kota Bandung dalam sambutannya yang memotivasi pengurus Hizbul Wathan agar terus berjuang dan beramal saleh.

“Di dunia ini bukan tempat istirahat, melainkan tempat berjuang dan beramal saleh, maka kader Hizbul Wathan harus terus bermanfaat, baik pengurus lama dan pengurus baru harus bersatu memajukan kegiatan HW,” tuturnya.

Usai proses pelantikan, Ketua Dewan Kerabat Hizbul Wathan Qabilah Siti Baroroh Baried SMA ‘ABS Bandung Periode 2024-2025 yang baru saja dilantik, Naj El Qatrunnada mengharapkan doa, dukungan, dan bimbingan untuk menjadikan Hizbul Wathan lebih maju dan berkembang.

Alhamdulillah, hari ini kita telah melaksanakan pelantikan. Oleh karena itu, kami mengharapkan doa, dukungan, dan bimbingan dari Bapak Ibu guru serta rekan-rekan untuk menjadikan organisai Hizbul Wathan lebih maju dan berkembang dengan segenap kekuatan yang kami miliki,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pasukan Hizbul Wathan Qabilah Siti Baroroh Baried SMP ‘ABS Bandung Periode 2024-2025 menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan ini merupakan langkah awal bagi pengurus Hizbul Wathan dalam menjalankan roda organisasi.

“Di hadapan kita semua ini bukan hanya prosesi pelantikan, melainkan langkah awal perjalanan dengan penuh tanggung jawab. Saya akan melanjutkan perjuangan dan menjaga apa yang telah dicapai sejauh ini. Mari kita tingkatkan komunikasi dan kerja sama antaranggota,” ungkap Iesha Naeva Arin yang kini duduk di bangku kelas VIII SMP ‘ABS Bandung.

Iesha meyakini dengan kerja sama yang baik, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dapat meraih prestasi yang luar biasa.

“Saya mengajak seluruh anggota HW untuk sama-sama mewujudkan cita-cita yang baik. Mari kita bersatu, bekerja keras, dan menjaga semangat kebersamaan kita. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan kepada saya. Saya yakin bersama-sama kita dapat meraih prestasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Leave a Comment