Kurikulum Nasional

 

Akademik

Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung disamping menerapkan sistem kurikulum nasional dalam proses implementasi kurikulum “merdeka berubah” kedalam satuan pendidikan SMP-SMA. Mengimplementasikan pula didalamnya kurikulum pengasuhan pesantren ramah anak khas ‘Asiyiyah Baording School berbasis karakter Islami dengan mengintegrasikan tiga dimensi utama; pertama, dimensi keulamaan (spiritualitas). Kedua, dimensi leadership keorganisasian Muhammadiyah-Aisyiyah dan Ketiga, dimensi intelektualitas. Ketiganya ditunjang oleh dimensi dakwah kemasyarakatan, keterampilan khsusus juga dimensi methodologis. 

Proses KBM dilakukan dengan metode pembelajaran yang menyenangkan baik pada kegiatan intrakulikuler maupun Ko-Kurikuler [Projek] tematik indoor maupun outdoor dalam bentuk outing class sesuai capaian integrasi mata pelajaran. Beberapa tema projek diarahkan agar santriwati mampu membuat pola problem solving untuk permasalahan-permasalahan yang ada pada dirinya juga lingkungan sekitarnya. Penguasaan materi (maddah) tidak bergantung pada kegiatan kbm klasikal namun ditunjang oleh Ko kurikuler dan ekstrakulikuler. Terkhusus untuk penciri kepesantrenan dikemas secara manhaji melalui fasilitasi dimensi life skill dengan slot-slot dauroh dan klub ; Tahfidzul Quran, Khitobah, Kaligrafi, Bahasa arab, Tilawah, Bahtsul Kutub, dan lainnya yangpada pelaksanaannya berkolaborasi juga dengan lembaga-lembaga yang sudah terbukti dibidangnya.