abs
- Posted on
PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DI SMA ‘AISYIYAH BOARDING SCHOOL BANDUNG
Oleh: Ridha Galih Permana, S.Pd.
Menurut CASEL (2021) Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) adalah suatu pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan akademik peserta didik. PSE melibatkan pengajaran dan latihan untuk membantu peserta didik mengembangkan kesadaran emosional, mengelola emosi dengan baik, membangun keterampilan sosial yang sehat, serta membuat keputusan yang bijaksana. PSE menempatkan perhatian khusus pada pengembangan empat pilar utama, yakni kesadaran emosional, pengelolaan emosi, keterampilan sosial, dan pengambilan keputusan yang bijaksana. Menurut Weissberg (2015) PSE tidak hanya berkontribusi pada kesuksesan akademik peserta didik, tetapi juga membantu mereka menjadi individu yang lebih baik secara sosial dan emosional. Menurut Weissberg, PSE adalah pendekatan yang holistik yang mengintegrasikan pembelajaran akademik dengan pembelajaran sosial-emosional untuk mengembangkan potensi individu secara menyeluruh.
Berdasarkan beberapa keterangan diatas Pembelajaran Sosial Emosional merupakan faktor penting bagi peserta didik. PSE dapat di integrasikan didalam kelas ataupun diluar kelas. Sejalan dengan hal tersebut SMA ‘Aisyiyah Boarding school Bandung menerapkan PSE yang terintegrasi dalam berbagai program sekolah yang diselenggarakan.
Dalam program sekolah di SMA ‘Aisyiyah Boarding School Bandung kami memiliki pembiasaan positif dengan tujuan untuk mengembankan keterampilan soial emosional, diantaranya :
1. Dimensi spiritual, dalam dimensi spiritual hal utama yang dekembangakan adalah emosi dari peserta didik, adapun kegiatan yang dilaksanakn seperti: Shalat berjamaah tepat waktu, berdoa dalam setiap mengawali kegiatan, RAMANZA (Ramadhan Vaganza), Shalat Duha, Shalat Tahajud, Murojaah, Kajian dan Shaum Sunnah (Senin dan Kamis).
2. Dimesni Sosial, dalam dimensi sosial SMA ‘Aisyiyah Boarding School Bandung memberikan beberapa program yang dapat diikuti oleh peserta didik, diantaranya intrakulikuler, ekstrakulikuler, dan outing class.
3. Dimensi Emosional, selain dimensi spiritual SMA ‘Aisyiyah Boarding Schol juga memperhatikan dimensi Emosional dengan memasukan konseling dalam jadwal pelajaran dan tersedianya konselor atau psikolog pondok yang bertujuan mendampingi peserta didik.
Dengan berbagai program yang diberikan di SMA’Aisyiyah Boarding School Bandung, diharapkan peserta didik dapat berkembang secara individu bukan hanya dari segi pengetahuan kognitif tapi juga segi sosial dan emosional, sehingga ketika lulus dari SMA ‘Aisyiha Boarding School Bandung peserta didik diharapkan dapat unggul baik dalam segi akademik maupun diluar akademik.
Referesi
Durlak, JA, Domitrovich, CE, Weissberg, RP, & Gullotta, TP (Eds.). (2015). Buku pegangan pembelajaran sosial dan emosional: Penelitian dan praktik. Guilford Press.
Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL). (2021). What is SEL? Diakses pada 19 Juni 2023, dari https://casel.org/what-is-sel/
