abs
- Posted on
 

Bismillaah… t.a. baru 2023-2024
Jelang tahun ajaran baru 2-23-2024, beberapa anggota Tim Pengembang Kurikulum ‘Aisyiyah Boarding School Bandung berkolaborasi menyiapkan rangkaian In House Training.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan prosespembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilikikekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang kompeten dan berdaya saing.
Pendidikan tidak hanya melibatkan proses belajar mengajar di dalam kelas, tetapi juga harus mencakup upaya menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan dan kesejahteraan siswa. Salah satu pendekatan yang diterapkan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang ideal adalah konsep “sekolah ramah anak dan lingkungan”. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, dan kognitif siswa.
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, konsep “sekolah ramah anak dan lingkungan” memiliki peran yang signifikan dalam mencapai tujuan tersebut. Dimana Kurikulum Merdeka juga bertujuan untuk pengembangan karakter, pemahaman konsep, keterampilan abad ke-21, dan kebebasan siswa dalam memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang mendorong individu untuk menghargai potensi yang diberikan oleh Allah. Al-Quran mengajarkan bahwa setiap individu memiliki kemampuan dan bakat yang unik (QS. Al-Israa: 84) dan harus dimanfaatkan dengan baik untuk berkontribusi bersegera dalam kebaikan (QS. Al-Baqarah: 148).
Namun, implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat satuan pendidikan masih dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk pemahaman guru terhadap kurikulum ini dan kesiapan dalam mengimplementasikannya. Termasuk implementasi sekolah ramah anak dan lingkungan.
Oleh karena itu, perlu dilakukan in-house training (IHT) yang khusus dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Melaluiu IHT ini, diharapkan guru dapat memahami esensi dan tujuan Kurikulum Merdeka serta mampu menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum ini. Selain itu, di harapkan juga semua tenaga pendidik khususnya di SMP-SMA ‘Aisyiyah Boarding School Bandung dapat memenuhi kebutuhan akan ilmu yang dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilan tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya.****Admin
.
